Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbedaan Grafis Bitmap dan Vektor dalam Desain Grafis

Kompas.com - 07/03/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comDesain grafis mengenal dua macam tipe image, yaitu bitmap dan vektor. Yang dimaksud vektor adalah gambar yang terbentuk melalui kombinasi titik dan garis dengan menggunakan rumus matematika tertentu. Sedangkan bitmap adalah gambar yang tersusun berdasarkan titik serta kombinasi warna.

Dalam grafis vektor, rumus matematika digunakan untuk menentukan komposisi warna, tingkat ketebalan, serta posisi. Supaya ketika hasil gambarnya diperbesar tidak akan pecah atau terlihat kotak-kotak.

Sementara, grafis bitmap dihasilkan dari kumpulan titik atau piksel yang ditampilkan dalam layar komputer. Sehingga saat gambarnya diperbesar akan terlihat kotak-kotak atau bentuk pikselnya.

Perbedaan grafis bitmap dan vektor

Menurut Arry Maulana Syarif dan Diginnovac dalam buku Panduan Dasar Digtal Imaging dengan Photoshop (2009), perbedaan utama antara grafis bitmap dan vektor terletak pada proses penghasilan gambar.

Grafis bitmap dihasilkan dari titik warna atau piksel. Sedangkan vektor merupakan hasil dari rangkaian kurva yang diberi warna.

Baca juga: Pengertian Grafis Bitmap dan Vektor

Dikutip dari buku Media Animasi Digital Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) (2020) oleh Asrul Huda, dkk berikut beberapa perbedaan grafis bitmap dan vektor dalam desain grafis:

Grafis bitmap Grafis vektor
Tersusun dari piksel Tersusun dari obyek geometris yang dibuat berdasarkan perhitungan matematis
Bersifat resolution dependent (dipengaruhi resolusi) Bersifat resolution independent (tidak dipengaruhi resolusi
Jika diperbesar, hasil gambarnya akan blur, pecah, atau rusak Jika diperbesar, hasil gambar akan tetap bagus atau tidak pecah
Ukuran penyimpanannya relatif besar Ukuran penyimpanannya relatif kecil
Digunakan untuk gambar kompleks, seperti ragam warna dan bentuk yang beraneka ragam. Contohnya foto hasil bidikan kamera. Digunakan untuk ilustrasi berbentuk geometris sederhana, warna solid atau gradasi tanpa banyak variasi warna. Grafis vektor sangat cocok untuk logo dan desain sederhana.
Format penyimpanannya: PSD, TIF, JPEG GIF, dan BMP Format penyimpanannya: AI, CDR, FH, dan EPS
Grafis bitmap bisa dibuat dengan software Adobe Photoshop, Corel Photopaint, dan Microsoft Paint Grafis vektor bisa dibuat dengan software CorelDraw, Adobe Illustrator. dan Macromedia Freehand
Kualitas grafis bergantung pada jumlah piksel. Kualitas grafis tidak bergantung pada jumlah piksel.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com