Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Infografis: Pengertian, Jenis, Manfaat, Cara Membuat dan Contohnya

KOMPAS.com - Pada era digital sekarang ini, informasi dapat diperoleh dari berbagai sumber dengan sangat mudah dan cepat.

Untuk dapat memahami begitu banyak dan cepatnya informasi yang ada, pembaca memerlukan suatu sajian yang kompleks agar informasi dapat dicerna dengan baik.

Informasi dapat disajikan dalam bentuk teks, gambar, maupun grafik. Salah satu pendekatan dalam menyajikan informasi dalam bentuk visual dan grafis adalah Infografis.

Berikut penjelasan mengenai infografis, jenis, manfaat, cara membuat beserta dengan contohnya.

Pengertian infografis

Infografis berasal dari kata Infographics dalam bahasa Inggris yang merupakan singkatan dari Information dan Graphics yang berarti bentuk visualisasi data dalam menyampaikan informasi kepada pembaca.

Infografis adalah visualisasi data, gagasan, informasi atau pengetahuan melalui bagan, grafis, jadwal dan lainnya agar data, gagasan, informasi, atau pengetahuan tersebut dapat disajikan lebih kompleks agar dapat dipahami dengan mudah dan cepat oleh pembaca.

Infografis mencakup presentasi visual yang dapat menjelaskan rangkaian cerita atau proses dari serangkaian data dengan menggunakan berbagai elemen seperti gambar, ilustrasi, tipografi, peta dan visualisasi.

Penggunaan infografis dapat diaplikasikan dalam bidang ekonomi, pendidikan, ilmu pengetahuan, bahkan media massa.

Jenis-jenis infografis

Secara garis besar, infografis diklasifikasikan berdasarkan fungsinya masing-masing. Adapun jenis-jenis infografis antara lain:

Infografis statistik 

Sebagaimana namanya, infografis statistik menyajikan data statistik seperti hasil survei, angka statistik, data dari berbagai sumber, atau membuat cadangan argumen.

Perangkat ilustrasi pada infografis jenis ini mencakup diagram, ikon, gambar, dan teks yang menarik.

Infografis timeline

Infografis timeline adalah infografis garis waktu untuk memvisualisasikan sejarah atau waktu, atau menandai tanggal-tanggal penting, untuk memberikan gambaran suatu peritiwa secara kronologis.

Infografis jenis timeline ini dapat ditunjukan dalam bentuk tabel, paragraf tahun demi tahun, dan sebagainya.

Infografis proses 

Infografis proses merupakan infografis untuk memberikan ringkasan langkah-langkah dalam suatu proses, sehingga dapat mudah dicerna dan dipahami oleh pembaca.

Infografis proses dapat digunakan untuk menjelaskan tentang proses dalam membuat suatu hal, sehingga pembaca memahami suatu proses yang dipaparkan terbatas secara praktis.

Infografis geografi

Infografis geografi adalah infografis untuk memvisualisasikan data berbasis lokasi, data demografi, atau data dalam jumlah besar. 

Infografis geografis menggunakan bagan peta sebagai fokus visual. Dengan mempergunakan Geographic Information System, peta dapat dipertimbangkan sebagai cara terbaik untuk menunjukan infografis berdasarkan geografi. 

Infografis informasi 

Infografis jenis ini biasanya menyajikan informasi umum tentang suatu tema atau tinjauan khusus pada suatu konsep atau obyek.

Jenis infografis informasi merupakan yang cukup populer saat ini, misalnya berisi tentang informasi cara hidup sehat.

Infografis komparasi

Infografis komparasi atau perbandingan adalah infografis yang berisi perbandingan satu hal dengan hal lainnya.

Infografis hierarki

Infografis hierarkis menyajikan informasi dari level atau tingkatan yang tertinggi hingga yang terendah atau sebaliknya. Infografis jenis ini banyak digunakan untuk menggambarkan struktur organisasi, silsilah, dan sebagainya

Infografis daftar

Infografis daftar pada umumnya berisi mengenai kumpulan tips trik, daftar sumber daya, atau daftar contoh terkait suatu topik.

Manfaat infografis

Inforgrafis pada umumnya menitikberatkan pada tampilan data atau fakta yang kemudian dipadukan dengan visual yang menarik sehingga memenuhi unsur bentuk, komposisi, warna, irama dan kesatuan.

Infografis bukan sekedar pamflet, lebih dari itu infografis memiliki manfaat di antaranya:

Cara membuat infografis

Dalam membuat infografis, kita perlu mempersiapkan segala hal dengan matang agar infografis yang dibuat dapat sesuai dengan kriteria.

Berikut langkah-langkah membuat infografis antara lain:

Memilih topik

Pada tahap ini, penyusun infografis membuat ringkasan ide-ide dan penciptaan atau pemilihan informasi apa yang akan diangkat untuk dijadikan arah panduan dalam menyusun infografis. Oleh sebab itu, tentukan topik yang menarik, sedang tren dan dibutuhkan pembaca.

Melakukan survey dan riset pembaca

Suatu infografis harurlah relevan dengan kebutuhan pembaca, oleh sebab itu perlu adanya survey dan riset terhadap target pembaca. Hal tersebut dapat berupa gender, usia, profesi, latar belakang pendidikan, hingga domisili.

Mengumpulkan data

Mencari sumber-sumber data dari buku, internet, observasi, literatur atau bahkan sumber-sumber internal melalui wawancara, dan sebagainya.

Infografis harus aktual, sesuai dengan kenyataan yang ada sekarang, up to date dengan kebutuhan pembaca saat ini, menawarkan informasi baru atau teknik penyampaian terkini serta ilustrasi atau gambar yang mendukung.

Menganalisis data

Pada tahap ini, informasi yang sudah didapatkan selanjutnya dilakukan pengujian dan analisis data agar informasi yang akan dimuat dalam infografis dapat di pertanggungjawabkan keakuratannya.

Membuat narasi 

Data yang telah dianalisis lalu di bentuk ke dalam konten informasi yang padat dan bahasanya mudah dimengerti agar khalayak yang ditujukan atau dipilih oleh penyusun infografis dapat dengan mudah menyerap dengan baik informasi yang disampaikan.

Membuat sketsa/wireframe

Pada tahap ini dilakukan brainstorming, untuk membuat berbagai sketsa visual terkait desain infografis yang akan dibuat.

Gunakan metode ICCORE (Inform, Compare, Change, Organize, Relationships dan Explore) untuk memvisualisasikan data.

Mengedit 

Pada proses pembuatan, infografis yang baik adalah infografis yang miliki struktur visual yakni gambar, teks, warna, desain, dan lain-lain.

Mendesain 

Selanjutnya yaitu mengintegrasikan visual dengan data yang telah disusun, di mana pada tahap ini penyusun infografis membuat sebuah template atau wadah mode infografis.

Template atau wadah tersebut dapat dibuat dengan bantuan aplikasi tools pembuat infografis seperti Ichart, Pixlr, Canva, dan lain-lain.

Melakukan Pengujian 

Lakukan validasi terhadap data dalam visualisasi untuk meminimalisir serta menghindari kesalahan sebelum infografis disebarluaskan.

Penyempurnan

Tahap ini merupakan perbaikan berdasarkan dari pengujian yang telah dilakukan.

Referensi:

  • Febrianto Saptodewo. 2014. Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, Vol. 1 No. 3
  • Kemkominfo. 2018. Kiat Bikin Infografis Keren dan Berkualitas Baik. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.
  • Nuning Kurniasih. 2016. Infografis. Prosiding Seminar Nasional “Komunikasi, Informasi, dan Perpustakaan Di Era Global”. Fikom Universitas Padjajaran.

https://www.kompas.com/skola/read/2023/10/04/013000369/infografis--pengertian-jenis-manfaat-cara-membuat-dan-contohnya

Terkini Lainnya

Siapa Itu Parikesit?

Siapa Itu Parikesit?

Skola
Karakter Tokoh Wayang Kumbakarna

Karakter Tokoh Wayang Kumbakarna

Skola
Mengenal Tokoh Rahwana

Mengenal Tokoh Rahwana

Skola
Tokoh Anoman dalam Pewayangan Ramayana

Tokoh Anoman dalam Pewayangan Ramayana

Skola
Mengenal Ukara Lamba Basa Jawa

Mengenal Ukara Lamba Basa Jawa

Skola
Bedane Geguritan Gagrak Lawas lan Gagrak Anyar

Bedane Geguritan Gagrak Lawas lan Gagrak Anyar

Skola
Prinsip dan Macam-macam Tembang Jawa Tengahan

Prinsip dan Macam-macam Tembang Jawa Tengahan

Skola
Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh Tembang Jawa Gedhe

Pengertian, Ciri-ciri, dan Contoh Tembang Jawa Gedhe

Skola
Gaman lan Aji-Ajine Wayang

Gaman lan Aji-Ajine Wayang

Skola
Ratu, Negara, lan Patihe dalam Pewayangan

Ratu, Negara, lan Patihe dalam Pewayangan

Skola
Peran Siswa dalam Mendukung Implementasi Wawasan Kebangsaan

Peran Siswa dalam Mendukung Implementasi Wawasan Kebangsaan

Skola
Hubungan Antargatra

Hubungan Antargatra

Skola
Peran dan Ancaman dalam Membangun Integrasi Nasional

Peran dan Ancaman dalam Membangun Integrasi Nasional

Skola
Kesediaan Warga Negara untuk Melakukan Bela Negara

Kesediaan Warga Negara untuk Melakukan Bela Negara

Skola
Daerah Khusus, Daerah Istimewa, dan Otonomi Khusus

Daerah Khusus, Daerah Istimewa, dan Otonomi Khusus

Skola
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke