Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Routing, Jenis, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Kompas.com - 03/10/2023, 05:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teknologi digital dapat terhubung melalui suatu jaringan, di mana jaringan memungkinkan orang untuk berkomunikasi, berkolaborasi, dan berinteraksi dengan berbagai cara. 

Untuk bisa berkomunikasi antar jaringan dibutukan sebuah perangkat yang di dalamnya terdapat protokol routing.

Dengan protokol routing, router melakukan routing yang nantinya akan menghubungkan jaringan satu dengan jaringan yang lainya.

Nah, untuk lebih memahaminya, berikut penjelasan mengenai routing, jenis, fungsi, beserta cara kerjanya.

Baca juga: Pengertian Hub dalam Jaringan Komputer: Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan

Pengertian routing

Routing adalah proses pengiriman data maupun informasi dengan meneruskan paket data yang dikirim dari jaringan satu ke jaringan lainnya.

Routing juga dapat berarti proses memindahkan suatu paket data dari host pengirim ke host tujuan, di mana kedua host tersebut tidak berada dalam satu network yang sama.

Tugas routing akan dilakukan device jaringan yang disebut sebagai Router, yakni perangkat yang digunakan sebagai penghubung paket data antara dua segmen jaringan atau lebih.

Routing bertanggung jawab membawa data melewati sekumpulan jaringan dengan cara memilih jalur terbaik untuk dilewati data.

Informasi dalam routing memuat tujuan kemana sebuah paket data akan dikirimkan, serta informasi terkait jalur terbaik yang akan ditempuh.

Informasi tersebut akan disimpan oleh router pada suatu sistem yakni tabel routing (table routing).

Baca juga: Pengertian, Fungsi, dan Komponen Utama dari Router

Jenis-jenis routing

Berdasarkan pengiriman paket datanya, ada dua jenis routing yaitu direct routing dan indirect routing.

Direct routing

Direct routing adalah routing langsung yang mengirimkan paket dari satu jaringan ke jaringan lain secara langsung atau dalam arti lain host berada pada jaringan fisik yang sama sehingga tidak perlu melalui mesin lain atau gateway.

Jika suatu host mengirimkan data ke host lain dalam satu jaringan yang sama, maka data tersebut dikirimkan langsung ketujuan dengan mengenkapsulasi IP (internet protocol) datagram pada layer physical.

Indirect routing

Indirect routing adalah routing tidak langsung yang mengirimkan paket dari suatu jaringan ke jaringan lain yang tidak terhubung langsung atau berbeda jaringan sehingga paket akan melewati satu atau lebih gateway atau network yang lain sebelum sampai ke tujuan.

Jika suatu host mengirimkan data ke host lain yang berada pada jaringan yang berbeda, maka dibutuhkan satu IP address yang digunakan sebagai gateway.

Baca juga: Router: Pengertian dan Fungsinya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com