Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Upaya Indonesia untuk Mencapai Cita-cita Bangsa

Kompas.com - 19/09/2023, 06:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bangsa indonesia telah melalui perjalanan yang panjang untuk mencapai kemerdekaannya, hingga akhirnya dapat terbebas dari penjajah dan dinyatakan sebagai negara yang merdeka. 

Meski begitu, bukan berarti perjuangan bangsa Indonesia berhenti begitu saja. Bangsa Indonesia masih harus terus berjuang agar bisa menjadi bangsa yang maju.

Selain itu, ada cita-cita bangsa yang harus diwujudkan demi kepentingan bersama dan kemajuan bangsa Indonesia. 

Mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia bukan hanya tugas pemerintah, seluruh rakyat Indonesia juga harus berupaya dalam mencapai tujuan dan cita-cita bangsa tersebut.

Oleh sebab itu, perlu adanya upaya yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdakaan sebagai cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Lalu, upaya apa yang harus dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sebagai cita-cita bangsa tersebut?

Adapun, upaya-upaya yang dapat dilakukan antara lain:

Baca juga: Fungsi Pancasila bagi Bangsa Indonesia

Meningkatkan kesejahteraan rakyat

Sudah seharusnya menjadi fokus utama pemerintah dalam mewujudkan bangsa Indonesia yang maju dengan cara menyejahterakan rakyatnya.

Kesejahteraan rakyat dapat tercapai dengan memperhatikan pendidikan, ekonomi, kesehatan, infrastruktur, serta berbagai bidang terkait.

Kemandirian ekonomi

Untuk menjadi bangsa yang merdeka, Indonesia harus mampu mengembangkan potensi ekonominya sendiri tanpa harus bergantung pada sektor impor dari negara lain.

Indonesia harus mampu memanfaatkan dan mengelola kekayaan alam serta sumber daya yang melimpah, untuk dapat menghasilkan produk-produk berkualitas yang dapat bersaing di pasar global.

Baca juga: Nilai-nilai Pancasila: Pengertian, Makna, dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari

Peningkatan taraf pendidikan

Pelajar menjadi bagian dari pemuda bangsa yang menjadi penerus bangsa Indonesia. Generasi penerus bangsa diperlukan untuk memajukan bangsa itu sendiri.

Sebagai generasi penerus, pelajar dituntut untuk bekerja keras dan belajar dengan giat demi meningkatkan kualitas dirinya.

Maka dari itu, untuk mendukung pelajar sebagai generasi muda, pemerintah perlu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan cara mendukung dan memfasilitasi segala hal yang terkait pendidikan.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia

Kemajuan suatu negara juga bergantung pada sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai kesadaran sebagai warga negara Indonesia, yang bersama-sama berjuang untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com