Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paruh Bebek, Bentuk Adaptasi pada Lingkungan yang Berlumpur

Kompas.com - 31/08/2023, 18:00 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.comBebek hidup di lingkungan air yang berlumpur. Bebek memakan hewan kecil yang berada di dalam lumpur. Bebek mengembangkan paruh yang lebar dan tipis sebagai bentuk adaptasi pada lingkungan yang berlumpur.

Paruh lebar dan tipis

Jika dibandingkan dengan burung lain, bebek memiliki paruh yang lebar namun tipis. Fungsi paruh bebek yang lebar dan tipis yaitu menyaring banyak air dan lumpur.

Dilansir dari Brown University, paruh bebek yang lebar dan tipis tidak memiliki gigitan yang kuat seperti paruh yang lebih pendek dan sempit namun dapat membawa banyak air.

Baca juga: Ciri-ciri Khusus Bebek dan Fungsinya

Paruh bebek yang lebar dan tipis mirip dengan spatula yang dapat menyendok banyak air dan lumpur.

Makin banyak air yang diambil, maka makin banyak kemungkinan makanan bebek seperti tumbuhan kecil, biji-bijian, serangga, dan hewan kecil lainnya yang ikut terambil.

Paruh bebek menyaring air

Dilansir dari Project Beak, paruh bebek memiliki struktur kcil seperti sisir atau gigi yang terbentuk dari rahang atas dan rahang bawahnya. Struktur tersebut disebut sebagai lamela.

Lamela terlihat seperti gigi pada paruh bebek. Ketika bebek menyeruk air, lumpur dan semua makanan di dalamnya akan terbawa.

Baca juga: Cara Adaptasi Burung di Rawa Berlumpur

Dilansir dari American Bird Conservancy, rahang atau paruh bagian bawah bebek yang fleksibel akan membuka sedikit sehingga air mengalir melewati lamela.

Lamela berfungsi sebagai saringan. Di mana air dan lumpur akan keluar dari paruh melalui celah-celah lamela.

Sedangkan, makanan bebek akan tertinggal di dalam paruh dan bisa ditelan oleh bebek.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com