Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengetian Bulldozer, Eskavator, dan Derek

Kompas.com - 13/04/2023, 18:00 WIB
Desi Selvia Ningrum,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Alat berat digunakan untuk mempermudah proses pekerjaan sehingga menjadi lebih cepat, mudah dan hasilnya sesuai dengan harapan. Contoh alat berat adalah bulldozer, eskavator, dan derek. 

Apakah pengertian dari bulldozer, eskavator, dan derek? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian bulldozer

Ilustrasi buldoser.SHUTTERSTOCK Ilustrasi buldoser.

Bulldozer atau mesin penggusur adalah jenis peralatan konstruksi bertipe traktor menggunakan track atau rantai serta dilengkapi dengan bilah (dikenal dengan blade) yang terletak di depan. 

Bulldozer biasanya digunakan pada proyek konstruksi untuk menangani material hasil penggalian atau untuk membuat timbunan material.

Baca juga: Perkembangan dan Jenis-Jenis Proyek Konstruksi

Pada bagian bulldozer terdapat bucket sehingga alat ini disebut juga front end dozer.

Ada dua jenis tipe bulldozer yaitu, bulldozer yang menggunakan roda kelabang (crawler tractor dozer) dan menggunakan roda karet (wheel tractor dozer).

Pengertian eskavator

peluncuran Cat 320 GC & 320 Next Gen PT Trakindo Utama (Trakindo). peluncuran Cat 320 GC & 320 Next Gen PT Trakindo Utama (Trakindo).

Eskavator adalah alat berat yang digunakan untuk menggali dan mengangkut (loading and unloading) suatu material, seperti tanah, batu bara, pasir, dan lain sebagainya.

Pemilihan eskavator harus mempertimbangkan kemampuan alat tersebut sesuai kondisi lapangan.

Perbedaan utama berbagai jenis eskavator terletak pada penggalinya yang berada di bagian depan, tetapi semuanya memiliki alat penggerak, yaitu roda ban atau crawler.

Baca juga: Pengertian Pengawasan Pekerjaan Konstruksi dan Tugasnya

Eskavator yang menggunakan crawler umumnya digunakan jika permukaannya kasar atau kurang padat.

Alat tersebut dalam pengoperasiannya tidak memerlukan banyak perpindahan tempat.

Pengertian derek

Mobil derek membawa mobil dan motor yang terlibat kecelakaan di Jalan Dharmawangsa Raya tepatnya di dekat Sanatorium Dharmawangsa, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin (30/8/2021) siang.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Mobil derek membawa mobil dan motor yang terlibat kecelakaan di Jalan Dharmawangsa Raya tepatnya di dekat Sanatorium Dharmawangsa, Pulo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Senin (30/8/2021) siang.

Derek adalah jenis alat yang dilengkapi dengan tali pengangkat, tali atau rantai kawat yang berfungsi untuk mengangkat, menurunkan dan memindahkan material baik secara vertikal maupun horizontal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com