Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Peninggalan Sejarah Bercorak Islam di Indonesia

Kompas.com - 31/10/2022, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbanyak di dunia.

Masuknya Islam ke Nusantara dibawa oleh pedagang Arab Muslim, dan menyebar sampai mulai berdirinya Kesultanan Islam.

Bahkan, peninggalan sejarah bercorak Islam masih tetap ada dan berdiri kokoh sampai saat ini. Berikut beberapa contoh peninggalan sejarah bercorak Islam:

Masjid

Masjid Saka Tunggal, masjid tertua di Indonesia yang berdiri tahun 1288, di Banyumas, Jawa TengahWikimedia Commons Masjid Saka Tunggal, masjid tertua di Indonesia yang berdiri tahun 1288, di Banyumas, Jawa Tengah

Contoh peninggalan sejarah bercorak Islam di Indonesia yang paling utama adalah Masjid, sebagai tempat peribadatan umat Muslim.

Sejak masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia, banyak Masjid didirikan. Misalnya Masjid Demak, Masjid Kudus, Masjid Indrapura Aceh, dan Masjid Cirebon.

Baca juga: 10 Kerajaan Islam di Indonesia

Pesantren

Santri membaca Al Quran bersama saat mengaji malam 'selikuran' di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al Mubarokah, Andong, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (22/4/2022). Kegiatan membaca Alquran yang diikuti para santri dan santriwati tersebut untuk memperingati Nuzulul Quran sekaligus menyambut Lailatul Qadar pada malam 'selikuran' atau malam ke-21 Ramadhan.ANTARA FOTO/ALOYSIUS JAROT NUGROHO Santri membaca Al Quran bersama saat mengaji malam 'selikuran' di Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al Mubarokah, Andong, Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (22/4/2022). Kegiatan membaca Alquran yang diikuti para santri dan santriwati tersebut untuk memperingati Nuzulul Quran sekaligus menyambut Lailatul Qadar pada malam 'selikuran' atau malam ke-21 Ramadhan.

Adalah peninggalan sejarah bercorak Islam di Indonesia. Pesantren adalah lembaga pendidikan dan pengajaran agama Islam.

Pengajar di pesantren adalah seorang kiai, dan para siswanya dinamakan santri. Materi yang diajarkan pun adalah kitab yang ditulis dalam bahasa Arab.

Contoh pesantren adalah Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur, Pesantren Modern Gontor di Ponorogo, Jawa Timur, serta Pesantren Suryalaya di Tasikmalaya.

Keraton (istana)

Reruntuhan Keraton Kaibon, bekas istama Ibu Suri Sultan Banten tahun 1933.Wikiwand Reruntuhan Keraton Kaibon, bekas istama Ibu Suri Sultan Banten tahun 1933.

Berfungsi sebagai pusat pemerintahan dan tempat tinggal keluarga raja. Keraton adalah salah satu contoh peninggalan sejarah bercorak Islam di Indonesia.

Contohnya Keraton Cirebon yang didirikan Syarif Hidayatullah pada 1626 Masehi, Keraton Kaibon, Banten, serta Keraton Kanoman dan Kasepuhan di Cirebon.

Baca juga: Peninggalan Kerajaan Mataram Islam

Batu nisan

Empat batu nisan kuno yang diduga berasal dari abad antara 19 dan 20 yang ditemukan di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (18/1/2022). Hasil penelitian dari tim Arkeolog Sumatera Selatan mendapati bahwa empat batu nisan tersebut ditulis menggunakan huruf Aksara Arab, sehingga diduga kuat empat nisan itu merupakan makam keluarga pasca-Kesultanan Palembang.KOMPAS.com/AJI YK PUTRA Empat batu nisan kuno yang diduga berasal dari abad antara 19 dan 20 yang ditemukan di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (18/1/2022). Hasil penelitian dari tim Arkeolog Sumatera Selatan mendapati bahwa empat batu nisan tersebut ditulis menggunakan huruf Aksara Arab, sehingga diduga kuat empat nisan itu merupakan makam keluarga pasca-Kesultanan Palembang.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com