Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Sifat-Sifat Persepsi

Kompas.com - 28/10/2022, 15:30 WIB
Laila San,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.COM Persepsi berasal dari bahasa Latin perceptio, dari percipere yang berarti menerima atau mengambil. 

Dikutip dari buku Psikologi Umum (2014) oleh Sumanto mengatakan, persepsi adalah proses pemaknaan atau penyimpulan suatu informasi dari stimulus.

Stimulus sendiri berasal dari hasil pengindraan obyek-obyek, peristiwa yang terjadi, atau relasi antara gejala yang terjadi lalu diproses oleh otak.

Sebelum memahami orang ketika proses komunikasi maka seseorang harus terlebih dahulu memahami dirinya sendiri.

Baca juga: Persepsi sebagai Inti Komunikasi

Pemahaman diri tersebut melalui proses persepsi di mana persepsi akan membuat seseorang mengetahui dirinya sendiri dan orang lain.

Persepsi timbul dari benak masing-masing individu bukan berasal dari gambaran obyek yang dilihat lalu dinilainya.

Maka dari itu ketika anggapan mudah bagi diri sendiri belum tentu mudah dipahami oleh orang lain. Sehingga setiap individu pasti memiliki persepsi yang berbeda-beda.

Sifat-sifat persepsi

Dari hal-hal yang berkaitan mengenai persepsi di atas maka kita harus melihat lebih jauh sifat-sifat persepsi. Menurut Marhaeni Fajar dalam buku Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek (2009) ada lima sifat persepsi, yaitu: 

Baca juga: Mengapa Persepsi Memengaruhi Komunikasi?

  • Persepsi 

Persepsi adalah pengalaman. Persepsi muncul melalui proses interpersepsi. Proses tersebut dapat ditemukan dari pengalaman atau peristiwa di masa lalu.

Dari pengalaman tersebut seseorang dapat membandingkan peristiwa-peristiwa yang sedang dilaluinya. Sehingga persepsi atau dugaan tersebut bisa muncul untuk menilai objek atau pengalaman yang terjadi

  • Persepsi sebagai selektif

Tahap awal dalam persepsi hanya menafsirkan sebagian dari objek atau peristiwa yang ada. Sehingga tidak semua karakteristik objek atau peristiwa tersebut kita persepsikan.

Dengan kata lain kita hanya ingin mempersepsikan apa yang sesuai dengan keyakinan, nilai, dan sikap kita. Jadi dalam persepsi ada seleksi untuk mengolah apa yang kita lihat dan rasakan.

Baca juga: Pengertian Persepsi dalam Komunikasi

  • Persepsi sebagi penyimpulan

Persepsi sebagai proses penyimpulan secara psikologis atas informasi yang kita terima. Proses persepsi menjadi batu loncatan untuk menyimpulkan informasi tanpa data-data yang jelas.

Sifat kedua persepsi berupa selektif sehingga tidak semua informasi yang didapat sepenuhnya disimpulkan dengan benar. Melalui sifat penyimpulan ini kita didorong untuk menyimpulkan karakteristik objek atau peristiwa tertentu lebih lengkap.

  • Persepsi tidak akurat

Pada dasarnya persepsi hanya menyimpulkan sebagian karakteristik dari objek. Maka dari itu kesimpulan yang didapat tidak sepenuhnya akurat.

Hal tersebut juga bisa terjadi karena kejadian masa lalu yang tidak kompleks dan penyamarataan persepsi untuk objek yang berbeda. Semakin seseorang menganggap objek yang berbeda sama maka semakin tidak akurat .persepsi yang dihasilkan.

Sebenernya obyek-obyek tersebut hanya mirip namun tidak serupa. Karena keterbatasan kapasitas otak untuk mengingat kembali peristiwa masa lalu.

  • Persepsi adalah evaluatif

Persepsi tidak bersifat objektif karena proses interpretasi melalui keyakinan, nilai, dan sikap pribadi dari pengalaman yang sudah dilalui. 

Baca juga: Definisi dan Tujuan Komunikasi Antarpribadi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com