Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor Hubungan Antarpribadi dalam Komunikasi Antarbudaya

Kompas.com - 26/10/2022, 17:00 WIB
Laila San,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Secara sederhana Alo Liliweri dalam buku Dasar-Dasar Komunikasi Antarbudaya (2003) menjelaskan bahwa komunikasi antarbudaya adalah komunikasi yang berjalan antarpribadi dengan latar belakang yang berbeda.

Komunikasi antarbudaya juga dapat diartikan sebagai penyebaran informasi dari seseorang dengan latar belakang budaya tertentu kepada orang lain yang memiliki latar belakang yang berbeda.

Baca juga: Komunikasi Antarbudaya: Pengertian dan 6 Asumsi Dasarnya

Karena komunikasi antarbudaya terjadi oleh beberapa orang maka komunikasi antarpribadi mempengaruhi keberlangsungan penyampaian informasi.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi komunikasi antarbudaya dilihat dari segi hubungan komunikasi antarpribadi, yaitu:

Sifat antarbudaya

Manusia memiliki kemauman dan kemampuan masing-masing dalam berkomunikasi sehingga mereka dapat menilai dengan siapa mereka berkomunikasi.

Persepsi menjadi penting dalam komunikasi, namun kebanyakan orang memiliki persepsi yang mengarah pada kelompok tertentu saja.

Penampilan diri memberikan motivasi tersendiri bagi seseorang untuk memulai komunikasi. Dari kemauan setiap individu itulah muncul peristiwa komunikasi.

Peristiwa komunikasi memeiliki dua aspek penting yaitu dilihat dari isi komunikasi dan relasi komunikasi.

Isi komunikasi berupa pesan atau informasi yang akan disampaikan baik tertulis maupun lisan. Contohnya pesan surat atau percakapan yang disampaikan.

Sedangkan relasi komunikasi berkaitan dengan bagaimana pesan tersebut disampaikan dan disimpulkan sehingga kualitas relasi antarpribadi dapat meningkat.

Baca juga: Apa Tujuan Mempelajari Komunikasi Antarbudaya?

Masalah kredibilitas

Penelitian menitik beratkan dua hal penting dalam masalah kredibilitas. Yang pertama mengenai kemampuan komunikator, yang kedua derajat kesamaan komunikator.

Kemampuan seorang komunikator dilihat dari tiga faktor, yaitu kredibilitas, obyektivitas dan keahlian. Faktor tersebut berpengaruh pada bagaimana penerima dapat percaya kepada seorang komunikator yang ahli pada bidang tertentu.

Sedangkan kesamaan derajat komunikator berkaitan dengan homofili dan heterofili. Homofili mengacu pada kesamaan latar belakang antar individu yang berkomunikasi. Sedangkan heterofili mengacu pada perbedaan derajat individu dari segi latar belakangnya.

Semakin sama latar belakang antarindividu maka komunikasi akan semakin mudah. Begitu juga sebaliknya semakin jauh perbedaan latar belakang makan akan semakin banyak kesulitan peristiwa komunikasi.

Kemampuan menyampaikan pesan verbal 

Dikutip dari buku Memahami Bahasa dalam Konteks Masyarakat dan Kebudayaan (1997) oleh Ohoiwutun bahwa ada enam kemampuan yang harus dikuasi dalam komunikasi antarbudaya.

Berikut enam faktornya:

  • Waktu orang berkomunikasi
  • Apa yang dikatakan
  • Cara memperhatikan
  • Intonasi
  • Gaya berbicara
  • Bahasa tidak langsung

Baca juga: Apa Tujuan Mempelajari Komunikasi Antarbudaya?

Kemampuan Menyampaikan Pesan Nonverbal

Ada lima perilaku nonverbal yang mempengaruhi komunikasi antarbudaya yaitu:

  • Kinestik, studi mengenai bahasa tubuh. Setiap gerakan tubuh, eskpresi wajah, dan orientasi tubuh memiliki arti pesan yang berbeda
  • Okulestik, studi ini membahas tentang gerakan mata.
  • Haptik, studi ini membahasa tentang perabaan atau bagaimana cara orang untuk merangkul.
  • Proksemik, membahas tentang jarak, hubungan antarruang dan waktu saat berkomunikasi.
  • Kronemik, berkaitan dengan waktu
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com