Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Persepsi Memengaruhi Komunikasi?

Kompas.com - 18/02/2022, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comPersepsi sangatlah memengaruhi komunikasi. Jika komunikator dan komunikan tidak memiliki kesamaan persepsi, proses komunikasi akan terhambat, bahkan tidak efektif.

Dilansir dari buku Perilaku Organisasi (2021) oleh A. R. Dilapanga dan Jeane Mantiri, persepsi adalah proses kognitif yang dialami tiap manusia dalam upaya memahami informasi tentang lingkungannya.

Dalam konteks komunikasi apa pun, persepsi menjadi faktor utama yang memengaruhi keefektifan dan keberhasilan komunikasi. Sebab itu, persepsi tidak boleh diabaikan dalam proses komunikasi.

Alasan persepsi memengaruhi komunikasi

Menurut Deddy Mulyana dalam buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (2010), persepsi adalah inti komunikasi. Disebut demikian karena persepsi yang tidak akurat membuat seseorang tidak bisa berkomunikasi dengan efektif.

Persepsi menjadi penentu apakah kita akan memilih atau mengabaikan pesan.

Makin tinggi kesamaan derajat persepsi antarindividu, akan makin mudah dan sering individu tersebut saling berkomunikasi. Akibatnya, terbentuklah kelompok budaya atau kelompok identitas yang baru.

Baca juga: Pengertian Persepsi dalam Komunikasi

Keberhasilan komunikasi sangat ditentukan oleh peran persepsi. Artinya kecermatan dalam proses persepsi terhadap stimulus indrawi mengantarkan pada keberhasilan komunikasi. Sebaliknya, jika proses persepsi terhadap stimulus gagal, komunikasi akan tidak berhasil.

Dalam komunikasi, persepsi membantu individu dalam menentukan makna kata serta isi pesan yang dikomunikasikan. Oleh karena itu, sangat penting bagi komunikan untuk mengonfirmasi kesamaan pesan dalam interpretasinya kepada komunikator.

Apabila disimpulkan, ada tiga alasan mengapa persepsi memengaruhi komunikasi, yakni:

  1. Persepsi adalah inti komunikasi. Persepsi menjadi penentu apakah seseorang akan memilih atau mengabaikan pesan.
  2. Kecermatan proses persepsi terhadap stimulus indrawi akan berpengaruh pada keberhasilan komunikasi.
  3. Persepsi membantu individu menentukan makna kata serta isi pesan yang sedang dikomunikasikan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com