Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komunikasi Diadik: Pengertian dan Contohnya

Kompas.com - 09/02/2022, 12:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comKomunikasi diadik menjadi bagian dari komunikasi interpersonal. Proses komunikasi diadik berlangsung intens, lebih intim, dan mendalam.

Dalam hubungan manusia, komunikasi diadik hampir selalu terjadi. Mulai dari hubungan pertama yang bersifat singkat dan biasa, hingga hubungan mendalam dan langgeng.

Apa itu komunikasi diadik?

Pengertian komunikasi diadik

Dilansir dari buku Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya dalam Konseling (2021) karya Siti Rahmi, komunikasi diadik adalah proses komunikasi yang terjadi antara dua orang dalam situasi tatap muka.

Percakapan atau dialog dalam jenis komunikasi ini berlangsung dalam situasi yang lebih intim dan serius. Karena ada pihak yang dominan pada posisi bertanya serta pihak lainnya dalam posisi menjawab.

Dikutip dari jurnal Hubungan dalam Komunikasi Diadik Suami Istri: Perspektif Sosiologi Keluarga (2002) oleh Kiki Zakiah, konteks dua orang atau diad dalam komunikasi diadik mewakili satuan terkecil interaksi manusia.

Sama seperti jenis komunikasi lainnya, komunikasi diadik turut melibatkan peran komunikator sebagai pengirim pesan dan komunikan sebagai penerima pesan.

Baca juga: Pembagian Komunikasi Interpersonal Berdasarkan Sifatnya

Contoh komunikasi diadik

Pada prinsipnya, komunikasi diadik hanya melibatkan dua orang. Satu orang sebagai komunikator, sedangkan lainnya menjadi komunikan.

Menurut Deddy Mulyana dalam bukunya Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (2010), komunikator dan komunikan dalam komunikasi diadik biasanya berkomunikasi dalam jarak dekat, dan saling mengirim serta menerima pesan secara simultan dan spontan.

Berikut beberapa contoh komunikasi diadik:

  1. Komunikasi antara suami istri.
  2. Komunikasi dua orang sahabat.
  3. Komunikasi antara satu dosen dan satu mahasiswa.
  4. Komunikasi seorang guru dan seorang murid.
  5. Komunikasi antara satu dokter dan satu pasien.
  6. Komunikasi seorang adik dengan seorang kakak.
  7. Komunikasi sepasang kekasih.
  8. Komunikasi antara ibu atau ayah dengan seorang anak.
  9. Komunikasi seorang tenaga penjual dengan seorang konsumen.
  10. Komunikasi antara seorang customer service dengan seorang pelanggan.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com