Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentuk Kegiatan Internal Public Relations

Kompas.com - 09/02/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Kegiatan internal public relations difokuskan untuk publik internal organisasi atau perusahaan. Beberapa contoh kegiatannya ialah melakukan penempatan dan pemindahan karyawan, serta mengadakan penerimaan pegawai baru.

Dikutip dari buku Pengenalan Dasar Manajemen Publik Relasi (2020) karya M. Dana Prihadi, pelaksanaan kegiatan internal public relations diharapkan bisa memenuhi kebutuhan dan kepentingan publik internal.

Dengan demikian, hubungan harmonis akan tercipta di antara berbagai pihak terkait dalam perusahaan. Sehingga iklim organisasi yang baik akan terbentuk dan membuat proses kerja menjadi lebih efektif serta efisien.

Dilansir dari buku Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plan (2015) oleh Ujang Sumarwan, dkk, kegiatan internal public relations adalah:

Hubungan dengan publik karyawan (employee relations)

Kegiatan ini menitikberatkan pada hubungan antara pimpinan perusahaan dengan karyawan atau publik karyawan. Beberapa contoh kegiatannya ialah:

  1. Penempatan dan pemindahan karyawan dari satu divisi ke divisi lainnya.
  2. Penerimaan pegawai baru.
  3. Kenaikan pangkat serta konduite karyawan.
  4. Melakukan pemutusan hubungan kerja.
  5. Pensiun serta memberi jaminan sosial.

Hubungan manusiawi (human relations)

Kegiatan internal public relations ini berfokus pada hubungan yang sifatnya manusiawi. Artinya public relations berupaya menciptakan atau membentuk hubungan manusiawi antara manajer perusahaan dengan publik karyawan.

Baca juga: Internal Public Relations: Pengertian dan Fungsinya

Tujuan human relations ialah menumbuhkan kepercayaan dalam diri publik karyawan, khususnya saat mereka dihadapkan pada permasalahan kerja yang dihadapinya. Sering kali upaya ini dilakukan lewat bimbingan atau public relations counseling.

Hubungan dengan publik buruh

Adalah upaya public relations untuk memelihara hubungan baik antara manajer serta publik buruh, sehingga proses kerjanya menjadi lebih efisien dan efektif.

Hubungan dengan publik pemegang saham (stakeholder relations)

Kegiatan internal public relations ini bertujuan menciptakan rasa saling pengertian serta kerja sama antara publik pemegang saham dengan manajemen yang dijalankan perusahaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com