Kompas.com - 27/01/2022, 08:00 WIB
Ilustrasi public relations dengan publik internalnya Freepik.com/StoriesIlustrasi public relations dengan publik internalnya

KOMPAS.comInternal public relations memengaruhi keberhasilan atau kesuksesan perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan, internal public relations memiliki fungsi atau peranan yang sangat penting. Salah satunya, membangun dan membina hubungan komunikasi yang harmonis antara karyawan, direksi, serta manajemen.

Pengertian internal public relations

Internal public relations adalah bagian PR (Public Relations) perusahaan yang bertanggung jawab membina serta mengelola hubungan dengan publik internalnya.

Dikutip dari buku Pemasaran Strategik: Perspektif Perilaku Konsumen dan Marketing Plus (2015) karya Ujang Sumarwan, dkk, publik yang dimaksudkan dalam internal public relations terbatas pada sekelompok individu yang terlibat pada satu kegiatan, serta terikat oleh kesamaan perhatian dan kepentingan guna mencapai tujuan.

Publik tersebut adalah publik karyawan, pemegang saham, serta publik dari berbagai departemen, biro, atau unit terkecil dalam perusahaan atau instansi.

Baca juga: Apa yang Dimaksud Publik Internal dan Eksternal Humas?

Fungsi internal public relations

Melansir buku Strategi Public Relations (2010) karya Silih Agung Waesa, internal public relations memiliki enam fungsi, yaitu:

  1. Mengomunikasikan kebijakan yang dibuat direksi dan manajemen kepada karyawan.
  2. Menjelaskan perubahan kebijakan direksi dan manajemen, agar karyawan memahami dasar pengambilan keputusan.
  3. Membangun jaringan komunikasi interaktif antara karyawan, manajemen, serta direksi. Jaringan komunikasi sangat penting dalam perusahaan. Adanya komunikasi yang harmonis dan interaktif di antara berbagai pihak akan mempermudah pencapaian tujuan dan kesuksesan perusahaan.
  4. Membantu proses restrukturisasi. Mulai dari sosialisasi kebijakan hingga pelatihan untuk meminimalisir dampak buruk akibat restrukturisasi.
  5. Membantu meningkatkan rasa kepemilikan perusahaan dalam diri karyawan.
  6. Membantu terciptanya budaya perusahaan sesuai visinya. Artinya internal public relations berfungsi membantu pembentukan atau penciptaan budaya perusahaan sesuai visi yang ingin dicapai.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.