Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Pengertian Humas Menurut Para Ahli

Kompas.com - 09/12/2021, 12:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Humas atau hubungan masyarakat adalah salah satu fungsi manajemen yang menjembatani perusahaan atau organisasi dengan publik (masyarakat).

Salah satu fungsi humas ialah menumbuhkan serta mengembangkan hubungan yang baik antara perusahaan atau organisasi dengan masyarakat.

Pengertian humas menurut para ahli

Menurut Astri Rumondang Banjarnahor, dkk, dalam buku Manajemen Komunikasi Pemasaran (2021), humas merupakan praktik pengelolaan informasi antara individu atau organisasi dan masyarakat.

Berikut beberapa pengertian humas menurut para ahli:

Scott M. Cutlip dan Allen H. Center

Sebagaimana dikutip dari buku Communication Skill (2017) karya Henny Kustini, Scott M. Cutlip dan Allen H. Center mendefinisikan humas sebagai berikut:

"Humas adalah fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasi kebijakan dan tata cara individu atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan guna memperoleh pengertian, pemahaman, serta dukungan dari publik".

Baca juga: Komunikasi Pemasaran: Pengertian dan Tujuannya

The Public Relations Society of America (PRSA)

Menurut PRSA, humas adalah usaha organisasi untuk memperoleh kerja sama dari sekelompok orang.

Humas membantu organisasi dan publik (masyarakat) untuk saling berdaptasi secara menguntungkan. Humas juga membantu organisasi untuk berinteraksi serta berkomunikasi secara efektif dengan publiknya.

J.C. Seidel

J.C. Seidel mendefinisikan humas sebagai proses berkelanjutan dari berbagai usaha manajemen, guna memperoleh iktikad baik serta pengertian dari langganannya, pegawai, serta publik.

Selanjutnya, J.C Seidel menjelaskan bahwa usaha manajemen terbagi menjadi dua, yakni ke dalam dengan melakukan analisa dan perbaikan terhadap diri sendiri, serta ke luar dengan mengadakan pernyataan.

W. Emerson Reck

Menurut W. Emerson Reck, humas adalah kelanjutan dari proses penetapan kebijaksanaan, penentuan pelayanan, serta sikap yang disesuaikan dengan kepentingan orang atau golongan, agar memperoleh kepercayaan dan iktikad baik.

Emerson Reck juga menegaskan bahwa pelaksanaan kebijaksanaan, pelayanan, serta sikap dilakukan guna menjamin adanya pengertian serta penghargaan sebaik-baiknya.

Baca juga: Ciri-ciri Komunikasi Pemasaran

Frank Jefkins

Jefkins beranggapan bahwa humas adalah sesuatu yang terdiri dari semua bentuk komunikasi berencana, baik ke dalam maupun ke luar antara organisasi dengan publiknya, guna mencapai pengertian bersama.

Cutlip, Center, dan Broom

"Humas merupakan fungsi manajemen yang membangun serta mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antara organisasi dengan publik, yang berpengaruh pada kesuksesan dan kegagalan organisasi tersebut".

The British Institute of Public Relation

"Humas adalah suatu usaha berencana serta berkesinambungan untuk membina serta memelihara iktikad baik ataupun pengertian bersama antara organisasi dengan masyarakatnya".

Frank Jefkins dan Daniel Yadin

Menurut Jefkins dan Daniel Yadin, humas merupakan sebuah sistem komunikasi untuk menciptakan niat baik.

Dr. Rex. F. Harlow

Dikutip dari buku Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan (2009) karya Firsan Nova, berikut pengertian humas (hubungan masyarakat) menurut Dr. Rex. F. Harlow:

"Humas adalah fungsi manajemen khas yang membantu pembentukan serta pemeliharaan garis komunikasi dua arah, saling pengertian, menerima, dan kerja sama antara organisasi dengan masyarakatnya, guna membantu manajemen untuk selalu mendapatkan informasi serta merespons pendapat umum".

Public Relation World Conference

"Humas merupakan penggabungan ilmu pengetahuan dan kesenian untuk memprediksi serta memperkirakan konsekuensi yang akan didapat perusahaan, memberi saran terbaik bagi perusahaan, dan melaksanakan rencana kegiatan sebagaimana yang telah ditetapkan untuk melayani kepentingan publik serta organisasinya".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com