Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2021, 13:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comKomunikasi pemasaran diperlukan untuk menyusun pesan komunikasi dalam sebuah produk atau jasa, agar tersampaikan dengan baik kepada masyarakat.

Inti dari komunikasi pemasaran adalah kegiatan pembuatan dan penyampaian pesan bersifat informatif dan membujuk, yang ditujukan kepada masyarakat.

Pengertian komunikasi pemasaran

Sebagaimana mengutip dari buku Manajemen Komunikasi Pemasaran (2021) karya Astri Rumondang Banjarmahor, dkk, berikut definisi komunikasi pemasaran menurut Kotler dan Keller:

Komunikasi pemasaran adalah sarana untuk menginformasikan, mempersuasi, dan mengingatkan konsumen, baik secara langsung maupun tidak, mengenai produk serta merek yang dijual perusahaan atau organisasi.

Sementara menurut Kayode, komunikasi pemasaran adalah interaksi antara konsumen dan perusahaan menggunakan satu atau lebih media, seperti surat, surat kabar, majalah, televisi, radio, papan reklame, internet, dan telemarketing.

Dalam buku Manajemen Pemasaran (2020) karya Melati, dituliskan bahwa komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran, berupa penyebaran informasi untuk memengaruhi atau membujuk calon konsumen dan atau konsumen, agar menerima, membeli, serta bersikap loyal terhadap produk perusahaan yang ditawarkan.

Baca juga: Komunikasi Massa: Pengertian Menurut Para Ahli dan Cirinya

Tujuan komunikasi pemasaran

Menurut Eko Nur Syahputro dalam buku Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Media Sosial (2020), komunikasi pemasaran punya beberapa tujuan, seperti menginformasikan dan mempromosikan produk kepada konsumen, serta proses pembentukan citra perusahaan.

Selain dua tujuan di atas, komunikasi pemasaran masih punya tiga tujuan lainnya, yaitu:

Informing (memberikan informasi)

Komunikasi pemasaran ditujukan untuk membuat konsumen sadar akan produk baru, menginformasikan mengenai fitur dan manfaat merek, serta memfasilitasi penciptaan citra sebuah perusahaan yang menghasilkan produk atau jasa.

Persuading (membujuk)

Tujuan lain komunikasi pemasaran adalah membujuk atau mempersuasi pelanggan untuk mencoba produk atau jasa yang ditawarkan. Terkadang perusasi juga sering dilakukan untuk memengaruhi permintaan terhadap keseluruhan produk.

Reminding (mengingatkan)

Komunikasi pemasaran bertujuan untuk menjaga agar merek perusahaan selalu diingat konsumen. Misalnya ketika konsumen membutuhkan produk atau jasa, merek perusahaan tersebutlah yang muncul pertama di benak konsumen.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com