Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2021, 08:15 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comTeori komunikasi membantu manusia memahami gejala, proses, dan fenomena komunikasi. 

Kompleksnya proses komunikasi membuat manusia kesulitan memahaminya. Maka dari itu, diperlukan teori komunikasi yang dapat membantu manusia lebih mudah mengerti soal fenomena dan proses komunikasi.

Apa itu teori komunikasi?

Pengertian teori komunikasi

Sebagaimana dikutip dari buku Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis (2020) karya Ali Nurdin, Kerlinger mendefinisikan teori sebagai himpunan konstruksi atau konsep, definisi, serta proposisi yang mengemukakan pandangan sistematis tentang gejala yang menjabarkan relasi di antara variabel.

Pada dasarnya, teori terdiri dari asumsi, proporsi, serta aksioma dasar yang saling berkaitan. Teori juga berisikan sekumpulan prinsip dan definisi secara konseptual untuk menjelaskan sejumlah hal secara sistematis.

Sederhananya, teori komunikasi adalah pedoman bagi manusia untuk membantu memahami serta mempelajari fenomena, gejala, dan proses komunikasi.

Baca juga: Komunikasi: Pengertian dan Unsurnya

Fungsi teori komunikasi

Menurut Ansar Suherman dalam Buku Ajar Teori-teori Komunikasi (2020), teori komunikasi berupaya untuk menggambarkan betapa pentingnya proses komunikasi dalam kehidupan manusia.

Teori komunikasi punya empat fungsi penting, yakni:

Sebagai pedoman dan penuntun

Artinya teori komunikasi dapat dijadikan acuan dalam proses pengambilan keputusan, baik secara personal, kelompok, organisasi, maupun untuk skala yang lebih besar.

Selain itu, teori komunikasi juga berfungsi sebagai pedoman bagi manusia untuk mengamati hal-hal baru di lingkungan sekitarnya.

Untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam

Dengan mempelajari teori komunikasi, manusia bisa memperoleh pemahaman mendalam terhadap kondisi lingkungan yang lebih kompleks, serta membantu manusia berpikir lebih adaptif dalam mencari cara alternatif terbaik untuk menganalisis sebuah fenomena.

Baca juga: Proses dan Fungsi Komunikasi Menurut Para Ahli

Membantu memahami fenomena, baik secara teoritis maupun praktikal

Secara teoritis, berarti teori komunikasi membantu meningkatkan pemahaman tentang fenomena yang berkembang di masyarakat. Sedangkan, praktikal artinya teori komunikasi bisa diterapkan dalam kehidupan manusia.

Membuat hidup manusia jadi lebih bijaksana

Teori komunikasi membuat hidup seseorang jadi lebih bijaksana. Karena dengan mempelajarinya, seseorang lebih mengerti kondisi orang yang diajak berkomunikasi, termasuk memahami caranya berbicara, sikap, serta perilaku.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com