Kompas.com - 07/12/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRIIlustrasi

KOMPAS.comJurnalistik dan jurnalisme sama-sama berasal dari kata jurnal, yang berarti catatan harian tentang kejadian sehari-hari.

Istilah jurnalistik dan jurnalisme sering disamakan karena kemiripan istilahnya. Namun, ada yang beranggapan bahwa kata jurnalistik dan jurnalisme itu berbeda.

Benarkah istilah jurnalistik dan jurnalisme itu berbeda?

Pengertian jurnalistik dan jurnalisme

Pengertian dari jurnalistik dan jurnalisme sebagai berikut:

Pengertian jurnalistik

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnalistik diartikan sebagai segala sesuatu yang menyangkut kewartawanan dan persuratkabaran. Jurnalistik juga berarti seni kejuruan yang bersangkutan dengan pemberitaan serta persuratkabaran.

Mengutip dari buku 4 Pilar Jurnalistik: Pengetahuan Dasar Belajar Jurnalistik (2018) karya Azwar, jurnalistik berasal dari istilah Belanda, yakni journalistiek, berarti penulisan dan penyampaian berita kepada publik lewat saluran media tertentu.

Baca juga: Jurnalistik: Pengertian dan Karakteristiknya

Pengertian jurnalisme

Dilansir dari KBBI, jurnalisme adalah pekerjaan mengumpulkan serta menulis berita di media massa cetak atau elektronik; kewartawanan.

Menurut Asti Musman dan Nadi Mulyadi dalam buku Jurnalisme Dasar: Panduan Praktis Para Jurnalis (2017), jurnalisme adalah keseluruhan proses pengumpulan fakta, penulisan, penyuntingan, serta penyampaian berita.

Kata lainnya, jurnalisme adalah seluruh kegiatan yang berkaitan dengan penyampaian berita, mulai dari pengumpulan fakta, penulisan, hingga proses penyuntingan berita.

Jurnalistik dan jurnalisme hanya berbeda istilah

Teddy Khumaedi dalam buku Jurnalistik Dasar: Trik Menulis Artikel Opini di Media Cetak & Online bagi Mahasiswa dan Pelajar (2020), kata jurnalistik selalu berkaitan dengan kewartawanan dan persuratkabaran.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.