Kompas.com - 06/12/2021, 18:17 WIB
Jahe merupakan akar tinggal yang bisa dikonsumsi pixabay.comJahe merupakan akar tinggal yang bisa dikonsumsi

KOMPAS.com – Akar tumbuhan ke dalam beberapa jenis. Salah satu jenis akar yang menandakan perkembangan vegetatif adalah akar tinggal. Pengertian akar tinggal dan kelompok tumbuhan yang berkembang biak dengan akar tinggal adalah sebagai berikut!

Pengertian akar tinggal

Apakah yang dimaksud dengan akar tinggal? Akar tinggal adalah modifikasi batang yang tumbuh secara horizontal di bawah tanah. Dilansir dari Encyclopedia Britannica , modifikasi batang tersebut memungkinkan tumbuhan untuk bereproduksi secara aseksual (vegetatif).

Artinya, tumbuhan dengan akar tinggal tidak perlu diproduksi secara seksual melalui peleburan sel-sel gamet. bisa bereproduksi secara aseksual dengan menumbuhkan tanaman barunya sendiri.

Akar tinggal atau dikenal sebagai rhizoma dan rimpang adalah akar yang terbentuk dari modifikasi batang. Batang tersebut tumbuh secara horizontal dari tanaman induknya. Setiap ruas akar tinggal yang tumbuh kemudian akan menghasilkan pucuk dan akar tanaman yang baru.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Perkembangbiakan Vegetatif Alami?

Pucuk dan akar tanaman baru tersebut dapat bekerja sebagaimana tumbuhan muda pada umumnya. Namun, akar tinggal yang masih terhubung ke induk memberikan tambahan nutrisi sehingga tanaman bisa tumbuh lebih cepat.

Akar tinggal suatu tumbuhan akan terus tumbuh di bawah tanah dan menghasilkan tanaman-tanaman baru. Ketika akar tinggal diputus dari induknya (dengan cara dipotong), tunas dan akar baru akan tetap terbentuk dan tumbuh menjadi tanaman baru.

Akar tinggal yang terletak di bawah tanah tersebut menjadi tempat penyimpanan makanan. Dilaporkan dari Biology Online , akar tinggal menyimpan protein, nutrisi, pati, dan glukosa untuk membantu tanaman bertahan hidup dalam kondisi lingkungan yang tidak mendukung.

Contoh tumbuhan dengan akar tinggal

Kelompok tumbuhan yang berkembang biak dengan akar tinggal adalah bambu, jahe, lengkuas, poplar, temulawak, kunyit, tumbuhan pakis, tanaman hop, dan beberapa jenis rumput.

Baca juga: Cara Reproduksi pada Tumbuhan Gymnospermae (Biji Terbuka)

Pada tumbuhan kunyit dapat terlihat akar tinggal secara jelas. Ketika kunyit diambil dari tanah, akan terlihat bahwa batang tanaman kunyit dekat satu sama lain dengan banyak kunyit yang menyatu di akarnya.

Kunyit yang kita makan itulah yang merupakan akar tinggal. Sebagai akar tinggal, kunyit menyimpan banyak nutrisi dan menumbuhkan tunas-tunas kunyit lainnya dari tubuhnya ketika ditanam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.