Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Karakteristik New Media

Kompas.com - 07/12/2021, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comNew media (media baru) merupakan media berbasis teknologi digital. Sering digunakan sebagai sarana penyampaian informasi atau tujuan lainnya, seperti pendidikan dan hiburan.

Istilah new media mencakup kemunculan era digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20.

Media baru punya sejumlah karakteristik yang membedakannya dengan media konvensional. Salah satunya bentuk media yang digunakan dalam penyebaran informasi.

Media konvensional menggunakan media penyiaran dan media cetak untuk menyalurkan informasi. Sedangkan di media baru, informasi disebarkan lewat media digital dan internet.

Karakteristik new media

Menurut Ida Ri’aeni dalam jurnal Penggunaan New Media dalam Promosi Pariwisata Daerah Situs Cagar Budaya di Indonesia (2015), karakteristik media baru telah memberi pengaruh pada proses komunikasi antarmanusia.

Sebagai contoh, kehadiran new media memudahkan manusia menjalin komunikasi lewat media sosial, seperti email dan WhatsApp.

Baca juga: Pengertian New Media dan Manfaatnya

Dikutip dari buku Journalism Today (2019) karya Andi Fachruddin, berikut tujuh karakteristik new media:

Digital

Seluruh data diinput dan dikonversi menjadi bentuk angka, sehingga penggunaannya lebih mudah digunakan dibanding data analog. Selain itu, data digital juga lebih mudah dan cepat diakses lewat komputer atau gawai.

Interaktivitas

Karakteristik new media ini lebih mudah dikendalikan, hemat waktu, dan komunikasinya berlangsung dua arah. Karakteristik ini juga memungkinkan manusia untuk mengatur informasi secara kreatif.

Hypertextual

Adalah potongan teks yang jika diakses dapat memberi sambungan pada halaman situs lainnya, atau bisa juga disebut teks yang saling terhubung dengan teks lainnya.

Dispersal atau menyebar

Artinya masyarakat bisa jadi produsen, distributor, atau konsumen dari informasi. Karena proses produksi, distribusi, dan konsumsi tidak hanya terpusat di satu bidang saja.

Karakteristik ini menyebabkan media baru menjadi media yang sifatnya lebih pribadi atau individually.

Baca juga: Apa itu Komunikasi yang Efektif dan Bagaimana Contohnya?

Virtuality

Karateristik new media ini memungkinkan manusia berhadapan langsung dengan objek secara virtual. Karena media baru punya unsur presence atau kehadiran meski tidak secara fisik, atau yang sering disebut dunia maya.

Simulasi

Adalah tiruan atau imitasi dari peristiwa atau suatu hal yang nyata, namun dalam penyajiannya diberi efek tertentu supaya lebih dramatis.

Jaringan (networked)

New media juga punya karakteristik jaringan yang diartikan sebagai arus perpindahan data lewat jaringan internet, yang memungkinkan penggunanya mengirim serta menerima data.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com