Kompas.com - 07/12/2021, 12:30 WIB

 

KOMPAS.comJurnalistik berkaitan erat dengan pemberitaan di media massa. Bisa dikatakan, inti kegiatan jurnalistik adalah pengumpulan, pelaporan, penulisan, penyajian, serta penyebarluasan berita.

Secara sederhana, jurnalistik merupakan bagian dari disiplin ilmu. Namun, jika ditelusuri lebih jauh, jurnalistik punya serangkaian proses kegiatan yang lebih kompleks.

Apa itu jurnalistik?

Pengertian jurnalistik

Melansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnalistik adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kewartawanan dan persuratkabaran.

Dikutip dari buku Jurnalistik Praktis (2018) karya Herman RN, secara harfiah, pengertian jurnalistik bisa dipahami dari kata jurnal dan istik.

Jurnal berarti laporan atau catatan. Sedangkan istik merujuk pada istilah estetika atau ilmu pengetahuan tentang keindahan. Dengan demikian, jurnalistik adalah sebuah karya seni berupa pencatatan peristiwa penting dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Pengertian New Media dan Manfaatnya

Secara konseptual, jurnalistik bisa dipahami dari tiga sudut pandang, yakni sebagai proses, sebagai teknik, dan sebagai ilmu.

  • Sebagai proses

Jurnalistik adalah ‘aktivitas’ pencarian, pengolahan, penulisan, dan penyebarluasan informasi kepada publik lewat media massa. Aktivitas ini dilakukan oleh wartawan dan jurnalis.

  • Sebagai teknik

Jurnalistik adalah ‘keahlian’ (expertise) atau ‘keterampilan’ (skill) menulis karya jurnalistik, berupa berita, artikel, dan feature. Hal ini termasuk keahlian pengumpulan bahan tulisan, seperti hasil liputan peristiwa (reportase) serta wawancara.

  • Sebagai ilmu

Jurnalistik adalah ‘bidang kajian’ tentang proses pembuatan dan penyebarluasan informasi (peristiwa, pemikiran, dan ide) melalui media massa.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.