Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2021, 19:06 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Kerajinan merupakan suatu produk buatan tangan yang memiliki estetika atau keindahan. Sehingga, produk kerajinan termasuk ke dalam seni. Tuliskan faktor estetika rancangan dalam produk kerajinan!

Faktor estetika produk kerajinan

Berikut adalam enam faktor estetika rancangan produk kerajinan:

Kesan dan makna

Faktor estetika pertama yang harus diperhatikan dalam rancangan produk kerajinan adalah minat dan kesan yang ingin disampaikan. Makna merupakan konsep awal dirancangnya suatu produk.

Suatu minat harus ke dalam rancangan produk untuk memberikan pada orang yang melihat produk kerajinan tersebut. Sehingga, makna yang ingin disampaikan oleh seorang pengrajin dapat tersampaikan dengan baik kepada para penikmat karya-karyanya.

Baca juga: 5 Sifat Dasar Seni

Perupaan atau bentuk

Faktor estetika selanjutnya dalam perancangan suatu produk kerajinan adalah perupaan atau bentuk. desain produk kerajinan harus sesuai dengan makna dan kesan yang ingin disampaikan. Namun, produk kerajinan juga harus dapat menampilkan rupa atau bentuk yang indah ketika dilihat.

Pewarnaan

Faktor-faktor selanjutnya yang harus diperhatikan pada rancangan produk kerajinan adalah pewarnaan. Menurut Martono dalam jurnal Estetika Kerajinan (2001), bentuk karya seni akan lebih bagus dan bermakna jika diberi warna yang sesuai dan selaras.

Warna merupakan bentuk simbolis yang akan memperkuat makna dan daya tarik suatu produk kerajinan. Sehingga, pemilihan warna harus dipehatikan dan disesuaikan dengan bentuk, gambar, tekstur, dan juga makna yang ingin disampaikan dari suatu produk kerajinan.

Baca juga: Apa yang Dilakukan agar Barang Hasil Kerajinan dibeli?

Kesatuan atau keutuhan

Menurut A. A. M. Djelantik dalam bukunya berjudul Estetika: Sebuah Pengantar (1999), keutuhan terdiri dari keselarasan, keutuhan tujuan, dan keutuhan perpaduan. Artinya, suatu rancangan produk kerajinan harus merancang unsur-unsur kerajinan yang seri satu sama lain.

Di mana produk kerajinan, tekstur, ornamen, dan pewarnaannya serasi satu sama lain. Dan membentuk suatu kesatuan untuk menunjukkan makna dan minat dari produk kerajinan tersebut.

Kerumitan atau penggarapan yang detail

Faktor estetika selanjutnya yang harus diperhatikan pada rancangan produk yang rumit adalah. Di mana produk kerajinan digarap melalui proses rumit yang memperhatikan hingga detail yang kecil. Sehingga, terbentuk suatu produk yang kompleks dan indah.

Baca juga: Fungsi dan Prinsip Kerajinan Tangan

Memiliki daya minat

Selain digarap dengan detail, produk kerajinan juga harus memiliki daya minat. Daya minat dalam membuat produk kerajinan membentuk suatu kesungguhan.

Artinya, produk kerajinan yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh, setiap detail diperhatikan, dan kulitas setiap produk yang dijaga. Walaupun produk kerajinan merupakan produk buatan tangan, namun tetap memiliki kualitas yang baik dan konsisten.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com