Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2021, 19:03 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.comWirausaha adalah jenis profesi yang diminati banyak orang. Namun, ternyata banyak orang yang tidak memulai berwirausaha ataupun mundur setelah menjalaninya. Apa yang membuat seseorang mundur dari kewirausahaan? Berikut adalah penjelasannya!

Keterbatasan dana

Melansir dari Forbes , memulai usaha yang membutuhkan dana dan kebanyakan orang tidak memiliki cukup uang untuk memulainya.

Selain untuk memulai, keterbatasan modal juga kerap kali dirasakan ketika usaha telah berjalan. Sehingga, keterbatasan dana menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang mundur dari perusahaan.

Keterbatasan waktu

Faktor selanjutnya yang membuat seseorang mundur dari kewirausahaan adalah keterbatasan waktu. Terutama pada seorang wirausaha yang memiliki pekerjaan lain. Berwirausaha memerlukan banyak waktu karena kita mengurus sendiri secara keseluruhan dari bisnis tersebut.

Baca juga: Nilai-Nilai Seorang Wirausaha

Berwirausaha artinya kita harus mengorbankan lebih banyak waktu. Baik waktu untuk melakukan hal pribadi seperti istirahat, melakukan hobi, dan juga bersosial. Kurangnya komitmen dalam mengorbankan waktu tersebut menjadi salah satu faktor seseorang mundur dari berwirausaha.

Terlalu banyak melakukan hal

Seorang wirausaha memang mengurus sendiri. Namun, seiring dengan berkembangnya usaha yang dibutuhkan karyawan dan juga rekan usaha. kadang-kadang seorang wirausaha merasa harus melakukan semua hal sendiri agar bisnisnya lancar.

Hal ini dapat membuat bisnis tidak berkembang dan gagal, karena tidak fokus pada tujuan perusahaan. Sehingga, seorang wirausaha harus belajar memercayakan suatu pekerjaan untuk rekan usaha dan fokus pada pengembangan perusahaan. 

Mengalah pada hal negatif

Dilansir dari Entrepreneur , mengalah pada hal negatif bisa membuat wirausaha mundur dan berhenti berwirausaha. Hal negatif tersebut adalah kurangnya rasa percaya diri, ketakutan akan gagal, stres, dan juga opini negatif dari keluarga, teman, dan juga orang asing.

Baca juga: Tahu Kamu Contoh Wirausaha di Bidang Olahraga?

Tidak mengetahui pasar

Tidak mengetahui pasar menjadi salah satu faktor mundurnya seseorang dari kewirausahaan. Tidak mengetahui pasar akan membuat seorang kebingungan kebingungan tentang siapa target penjualan produk, keberadaan pesaing, perubahan pasar, dan juga produk seperti apa yang diminati konsumen.

Persaingan yang ketat

Dilaporkan dari Harvard Entrepreneurship , tidak memiliki ide yang bagus akan membuat seorang wirausaha tidak bisa mengembangkan dan akhirnya keluar dari pasar. Pesaing dalam wirausaha akan selalu ada, agar tidak mundur dari kewirausahaan diperlukan ide yang inovatif dan juga kreatif.

Kurangnya pengalaman

Kurangnya pengalaman menjadi salah satu faktor mundurnya seseorang dari kewirausahaan. Kurangnya pengalaman baik dari diri sendiri, maupun rekan usaha dapat membuat usaha sulit berkembang dan ide yang inovatif sulit untuk dieksekusi.

Sehingga, penting bagi seorang wirausaha untuk merekrut orang yang telah berpengalaman di bidang usaha.

Kurangnya promosi

Promosi merupakan kunci dari penjualan suatu barang maupun jasa. Kurangnya promosi dapat berakibat fatal karena akan menurunkan daya jual perusahaan, daya beli, dan juga kepercayaan konsumen pada kepercayaan.

Sehingga, perusahaan tidak dapat bersaing di pasar dan tidak menghasilkan keuntungan yang dituju. Kurangnya promosi tersebut kemudian akan mengalah pada kegagalan wirausaha dan menyebabkan seorang wirausaha mundur dari kewirausahaan.

Baca juga: Manfaat melakukan Wirausaha Sejak Kecil

Kurangnya semangat dan komitmen

Hal yang juga dapat membuat seseorang mundur dari kewirausahaan adalah kurangnya semangat dan komitmen. Berwirausaha bukanlah hal yang mudah, banyak pengorbanan yang diperlukan. Tanpa adanya semangat dan komitmen, usaha tidak akan berjalan dengan baik dan gagal di kemudian hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com