Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Komunikasi Pemasaran

Kompas.com - 09/12/2021, 11:15 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comKomunikasi pemasaran dibutuhkan perusahaan atau organisasi untuk menyampaikan pesan yang sifatnya informatif dan membujuk kepada konsumen serta calon konsumen.

Salah satu tujuan utama komunikasi pemasaran adalah menciptakan merek dan citra perusahaan yang positif di hadapan konsumen serta publik.

Selain itu, komunikasi pemasaran juga bertujuan untuk membentuk serta menyampaikan pesan yang berkaitan dengan produk atau jasa.

Menurut Mariana Simanjuntak, dkk dalam buku Pemasaran Digital Pariwisata Indonesia (2021), komunikasi merupakan elemen yang sangat penting dalam pemasaran. Karena komunikasi membantu pertukaran pesan antara konsumen dengan perusahaan.

Agar pertukaran pesan tersebut dapat terjadi, perusahaan atau organisasi perlu merencanakan dan melaksanakan konsep, melakukan penetapan harga, promosi, distribusi, ide, produk serta jasa, supaya memuaskan tujuan individu serta perusahaan.

Baca juga: Komunikasi Pemasaran: Pengertian dan Tujuannya

Ciri-ciri komunikasi pemasaran

Dikutip dari buku Manajemen Komunikasi Pemasaran (2021) karya Astri Rumondang Banjarnahor, dkk, berikut tiga ciri komunikasi pemasaran:

Bersifat kompleks

Komunikasi pemasaran bersifat kompleks. Artinya komunikasi pemasaran tidak sesederhana seperti yang dibicarakan atau dipikirkan banyak orang.

Karena dalam komunikasi pemasaran, pihak-pihak yang terlibat di dalamnya harus berupaya keras untuk membentuk serta menciptakan pesan komunikasi yang efektif, informatif, bersifat membujuk, serta mampu membuat konsumen loyal terhadap merek produk atau jasa.

Bertujuan untuk mendapatkan laba

Selain menciptakan pesan komunikasi yang informatif dan efektif, komunikasi pemasaran juga punya ciri berupa mencari keuntungan atau laba.

Ini merupakan hal yang wajar, karena bagaimanapun organisasi ingin produk atau jasanya dikenal luas, dibeli banyak orang, dan menambahkan hasil keuntungan atau laba.

Bisa menumbuhkan keinginan seseorang untuk membeli atau menggunakan produk

Ciri lain dari komunikasi pemasaran adalah mampu menumbuhkan keinginan konsumen atau calon konsumen untuk membeli serta menggunakan produk atau jasa.

Bisa dikatakan, salah satu keberhasilan komunikasi pemasaran adalah mampu menimbulkan rasa ingin dan penasaran dari calon konsumen untuk membeli serta menggunakan produk tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com