Kompas.com - 25/01/2022, 10:00 WIB
Ilustrasi publik internal dan publik eksternal humas. Publik internal adalah publik yang ada dalam perusahaan. Sedangkan publik eksternal adalah publik yang berkepentingan dan berada di luar perusahaan. Kompas.com/VANYA KARUNIA MULIA PUTRIIlustrasi publik internal dan publik eksternal humas. Publik internal adalah publik yang ada dalam perusahaan. Sedangkan publik eksternal adalah publik yang berkepentingan dan berada di luar perusahaan.

KOMPAS.com - Publik internal dan eksternal merupakan sasaran humas (hubungan masyarakat). Publik internal adalah publik yang ada dalam perusahaan. Sementara publik eksternal adalah publik yang berkepentingan dan berada di luar perusahaan.

Mengutip buku Etika Profesi Komunikasi (2021) karya Amiruddin Saleh, dkk, sangat penting bagi humas untuk membina serta menjaga hubungan harmonis antara perusahaan dengan publik internal dan eksternal, agar tidak terjadi rintangan psikologis atau rintangan lainnya.

Publik internal humas

Humas berperan sangat penting bagi pembentukan citra positif perusahaan. Sebab itu, humas harus mampu menjalin komunikasi serta hubungan yang baik, termasuk dengan publik internalnya.

Menurut Isna Asdiani Nasution dalam jurnal Peranan Public Relations dalam Meningkatkan Pelayanan Informasi Hotel Garuda Plaza (2019), secara umum, fungsi humas adalah sebagai penghubung atau jembatan komunikasi informasi antara perusahaan dengan publik internal serta eksternal.

Publik internal adalah publik yang ada dalam perusahaan, seperti karyawan dan manajemen. Dengan menjalin komunikasi yang harmonis dan baik dengan publik internalnya, tujuan perusahaan menjadi lebih mudah terwujud.

Karena hubungan humas dengan publik internal tidak sekadar memberi informasi, melainkan juga menciptakan rasa saling mendukung dan pengertian dalam upaya meraih tujuan perusahaan.

Baca juga: Mengenal Fungsi Humas dalam Organisasi

Publik eksternal humas

Publik eksternal adalah publik yang berkepentingan dan berada di luar perusahaan. Contohnya masyarakat dan konsumen.

Melansir jurnal Peran Public Relations dalam Komunikasi Organisasi (2012) Aswad Ishak, publik eksternal memiliki pengaruh kuat terhadap kinerja organisasi atau perusahaan. Pengaruh tersebut diperlihatkan melalui penilaian serta opini yang berkembang.

Misalnya, bagaimana publik eksternal menilai serta menerima kehadiran produk dan perusahaan, sangat memengaruhi citra positif perusahaan.

Maka dari itu, humas harus berupaya keras dalam menciptakan serta menjaga hubungan harmonis antara perusahaan dengan publiknya, baik internal maupun eksternal. Tentunya cara yang ditempuh berbeda.

Untuk publik internal, humas (hubungan masyarakat) sering kali memberi informasi kepada karyawan, contohnya lewat majalah perusahaan, rapat divisi, dan lain sebagainya.

Sedangkan publik eksternal, humas sering kali menjalin hubungan harmonis melalui publisitas, iklan promosi, penyelenggaraan acara atau event, dan lain sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.