Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tugas Pokok Humas dan Ruang Lingkup Pekerjaannya

Kompas.com - 31/12/2021, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Tugas pokok humas berkaitan dengan perannya secara internal dan eksternal dalam organisasi. Ada enam ruang lingkup pekerjaan humas, yaitu publisitas, pemasaran, public affairs, manajemen isu, lobi, dan hubungan investor.

Humas (hubungan masyarakat) merupakan salah satu fungsi manajemen yang berperan penting dalam menciptakan serta memelihara komunikasi antara individu atau organisasi dengan masyarakat (publik).

Tugas pokok humas

Dikutip dari buku Komunikasi dalam Perspektif Teori dan Praktik (2017) karya Yetty Oktarina dan Yudi Abdullah, tugas pokok humas meliputi pengumpulan serta pengolahan data, penerangan, serta publikasi.

Pengumpulan dan pengolahan data mencakup tugas mengarsipkan data serta membuat kliping dari media cetak. Penerangan berarti humas bertugas untuk menyebarkan informasi internal dan eksternal melalui media massa.

Selain itu, tugas pokok humas berupa penerangan juga mencakup pembuatan dokumentasi, penyelenggaraan pameran atau kegiatan lainnya.

Sementara, publikasi adalah tugas pokok humas berupa penerbitan newsletter, warta harian, majalah bulanan, buku kerja, kalender, dan leaflet.

Baca juga: Mengenal Fungsi Humas dalam Organisasi

Ruang lingkup pekerjaan humas

Menurut Morissan dalam buku Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional (2008), ruang lingkup pekerjaan humas terbagi menjadi enam, yaitu publisitas, pemasaran, public affairs, manajemen isu, lobi, serta hubungan investor.

Publisitas

Adalah kegiatan menempatkan berita mengenai seseorang, organisasi, atau perusahaan di media massa. Kata lainnya, publisitas merupakan upaya individu atau organisasi agar kegiatannya diberitakan media massa.

Pemasaran

Ruang lingkup pekerjaan humas ini menekankan pada upaya melakukan pemasaran produk atau jasa milik perusahaan, supaya mendapat keuntungan maksimal.

Pemasaran yang dilakukan humas sering kali melibatkan publisitas, melakukan marketing relations, customer relations, lewat iklan, dan lain-lain, yang pada akhirnya menuntun perusahaan untuk meraih tujuan utamanya, yakni keuntungan dan kesuksesan.

Public affairs

Adalah bidang khusus humas yang tugas utamanya ialah membangun serta mempertahankan hubungan organisasi dengan pemerintah serta komunitas lokal, agar bisa memengaruhi kebijakan publik.

Perusahaan atau organisasi harus menjalin hubungan harmonis dengan pemerintah. Karena segala peraturan disusun dan dikeluarkan oleh pemerintah, yang nantinya harus ditaati oleh perusahaan.

Baca juga: Apa Tujuan Humas dalam Organisasi?

Manajemen isu

Adalah upaya organisasi atau perusahaan untuk melihat kecenderungan isu atau opini publik yang muncul di tengah masyarakat, dalam upaya memberi respons sebaik-baiknya.

Diperlukan tanggapan yang baik supaya isu atau opini publik tidak berkembang negatif, yang pada akhirnya bisa merugikan perusahaan.

Lobi

Ruang lingkup pekerjaan ini berarti humas melakukan pendekatan atau lobi dengan pihak tertentu, terutama pemerintah.

Dalam konteks humas, lobi sering diartikan sebagai bidang khusus humas yang bertugas membangun serta memelihara hubungan dengan pemerintah terutama, dengan tujuan memengaruhi peraturan dan perundang-undangan.

Hubungan investor

Adalah bidang khusus humas yang bekerja pada perusahaan publik. Frank Jefkins menyebutkan bahwa salah satu khalayak utama humas ialah investor pasar uang atau masyarakat keuangan.

Ruang lingkup pekerjaan humas berupa hubungan investor sering kali berkaitan dengan masalah keuangan, sehingga sering disebut financial relations.

Dalam konteks humas, tugas hubungan investor ialah meningkatkan nilai saham perusahaan serta mengurangi biaya modal dengan meningkatkan kepercayaan pemegang saham dan membuat saham perusahaan menarik bagi para investor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com