Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembagian Komunikasi Interpersonal Berdasarkan Sifatnya

Kompas.com - 07/02/2022, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Berdasarkan sifatnya, komunikasi interpersonal dapat dibagi menjadi dua, yakni komunikasi diadik (dyadic communication) dan komunikasi kelompok kecil (small group communication).

Komunikasi interpersonal adalah proses komunikasi di antara dua orang atau lebih secara tatap muka. Dalam proses komunikasi ini, individu bisa melihat reaksi yang diberikan lawan bicaranya, baik secara verbal maupun nonverbal.

Komunikasi diadik (dyadic communication)

Dikutip dari buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (2010) karya Deddy Mulyana, komunikasi diadik adalah proses komunikasi yang hanya melibatkan dua orang. Contohnya suami-istri, dua sahabat dekat, guru-murid, dan sebagainya.

Beberapa ciri komunikasi diadik adalah:

  1. Komunikator dan komunikan berada dalam jarak yang dekat.
  2. Pengiriman pesan oleh komunikator dan penerimaan pesan oleh komunikan dilakukan secara simultan dan spontan, baik verbal maupun nonverbal.

Dilansir dari buku Komunikasi Interpersonal dan Hubungannya dalam Konseling (2021) oleh Siti Rahmi, umumnya komunikasi diadik berlangsung dalam suasana bersahabat dan informal. Selain itu, dialog terjadi dalam situasi yang lebih intim, mendalam, dan personal.

Komunikasi kelompok kecil (small group communication)

Menurut Hafied Cangara dalam buku Pengantar Ilmu Komunikasi (2016), komunikasi kelompok kecil adalah proses komunikasi di antara tiga orang atau lebih secara tatap muka, di mana para anggotanya saling berinteraksi satu sama lain.

Baca juga: Komunikasi Interpersonal: Pengertian Menurut Para Ahli dan Fungsinya

Contohnya, rapat, kuliah, seminar, diskusi panel, dan sebagainya.

Dalam buku Psikologi Komunikasi (2021) karya Angelia Putriana, dituliskan ciri-ciri komunikasi kelompok kecil sebagai berikut:

  1. Proses komunikasinya ditujukan pada pemikiran komunikan.
  2. Komunikasinya berlangsung secara dialogis.
  3. Proses komunikasinya tidak linier, melainkan sekuler.
  4. Umpan balik (feedback) secara verbal sering kali terjadi dalam komunikasi kelompok kecil. Misalnya diskusi tanya jawab.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com