Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Hasil Belajar dan Faktor yang Memengaruhinya

Kompas.com - 07/09/2022, 07:00 WIB
Syifa,
Vanya Karunia Mulia Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Proses belajar dikatakan berhasil jika memberikan hasil yang optimal. Hasil belajar dapat berupa pengetahuan kognitif, tingkah laku, maupun keterampilan peserta didik.

Para ahli mendefinisikan hasil belajar ke dalam beberapa pengertian yang berbeda. Namun, semuanya memiliki inti yang sama.

Hasil belajar dapat dilihat dari perubahan peserta didik dalam berbagai aspek, yakni kognitf, afektif, dan psikomotorik.

Pengertian hasil belajar

Menurut Kustawan dalam buku Analisis Hasil Belajar (2013), hasil belajar adalah kompetensi atau kecakapan yang dicapai siswa, setelah kegiatan pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan guru di sekolah dan kelas tertentu.

Sementara itu, dikutip dari buku Proses Belajar Mengajar (2009) oleh Hamalik, bukti bahwa seseorang telah belajar bisa dilihat dari perubahan tingkah lakunya.

Contoh, awalnya individu tidak tahu kemudian berubah menjadi tahu, dan dari tidak bisa menjadi bisa.

Baca juga: Tips Memulai Belajar Bahasa Asing Secara Otodidak

Jika seseorang telah melewati proses pembelajaran, akan terlihat salah satu atau beberapa perubahan dari aspek tingkah lakunya.

Faktor yang memengaruhi hasil belajar

Tiap peserta didik pasti memiliki hasil belajar yang berbeda. Meski mereka menjalani proses pembelajaran di waktu dan tempat yang sama, hasilnya belum tentu sama. Karena ada beberapa faktor yang memengaruhinya.

Dilansir dari buku Psikologi Pendidikan Landasan bagi Pengembangan Strategi Pembelajaran (2016) karangan Mardianto, ada empat faktor yang memengaruhi hasil belajar yaitu:

  • Faktor non-sosial

Merupakan faktor yang meliputi keadaan sekitar atau beberapa hal yang mendukung peserta didik untuk belajar.

Contohnya suhu, udara, cuaca, waktu yang tepat untuk belajar, letak tempat, intensitas cahaya, serta alat yang digunakan untuk belajar.

  • Faktor sosial

Mencakup kehadiran orang lain. Kadang, kehadiran orang lain ketika individu sedang belajar dapat mengganggu konsentrasinya.

Baca juga: Manfaat Belajar Bahasa Isyarat

Namun, faktor sosial tidak selalu berdampak buruk. Beberapa orang kadang juga membutuhkan kehadiran orang lain untuk bertukar pendapat.

  • Faktor fisiologis

Berhubungan dengan bagaimana keadaan diri peserta didik dilihat dari kondisi fisiknya. Karena keadaan jasmani yang segar atau kurang segar, lelah atau tidak lelah, akan memengaruhi situasi belajar.

  • Faktor psikologis

Faktor ini memberi andil besar dalam hasil belajar. Meliputi potensi, keadaan, atau kemampuan yang digambarkan secara psikologis.

Itulah beberapa faktor yang memengaruhi hasil belajar peserta didik. Tentunya akan lebih baik jika tiap peserta didik memiliki kemauan yang besar dalam belajar. Karena sesulit apa pun lingkungannya pasti bisa dihadapi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com