Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Struktur Lapisan Bumi

Kompas.com - 01/09/2022, 19:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Yopi Nadia, Guru SDN 106/IX Muaro Sebapo, Muaro Jambi, Provinsi Jambi

 

KOMPAS.com - Bumi merupakan bagian dari planet yang menyusun tata surya. Bumi juga merupakan satu-satunya planet yang memiliki kehidupan.

Bumi memiliki diameter sebesar 7.926 mil dengan struktur berlapis-lapis yang dimulai dari lapisan pelindung bumi, lapisan batuan, hingga lapisan inti atau lapisan terdalam yang sangat panas.

Setiap lapisan tentunya memiliki karakteristik, kandungan, juga fungsinya masing-masing. Tujuh lapisan bumi, yaitu: 

  • Lapisan Troposfer
  • Lapisan Stratosfer
  • Lapisan Mesosfer
  • Lapisan Termosfer
  • Lapisan Eksosfer
  • Lapisan Kulit dan Mantel Bumi
  • Lapisan Inti (Barisfer)

Baca juga: Perbedaan Musim di Bumi Belahan Utara dan Selatan

Berikut penjelasannya:

Lapisan Troposfer

Troposfer merupakan lapisan paling dasar yang sangat dekat sekali dengan bumi. Ketinggiannya 0-12 kilometer di atas permukaan bumi. Lapisan ini juga berfungsi untuk menjaga kestabilan udara yang ada di bumi.

Lapisan Stratosfer

Lapisan stratosfer berada tepat di atas troposfer. Pada stratosfer terdapat lapisan ozon di ketinggian 35 km yang berfungsi melindungi bumi dari sinar ultraviolet yang berlebihan.

Stratosfer memiliki sifat udara yang kering karena hanya mengandung debu, tidak ada uap air. Lapisan ini terdiri dari lapisan isotermal (yang berada pada ketinggian 11 kilometer hingga 22 kilometer) dan lapisan inversi (yang berada pada ketinggian 20 hingga 60 kilometer).

Lapisan Mesosfer

Mesosfer merupakan lapisan ketiga dari atmosfer bumi yang memiliki ketinggian mencapai 55 hingga 80 kilometer. Pada lapisan mesosfer, semakin ke atas maka suhu yang ada di udara semakin menurun.

Lapisan mesosfer merupakan lapisan pelindung bumi yang dapat melindungi bumi dari jatuhnya meteor.

Di antara lapisan mesosfer dan termosfer, terdapat lapisan perantara yakni mesopause. Suhu minimum dari lapisan mesosfer ini terdapat pada lapisan mesopause.

Baca juga: Mengapa Bumi Berotasi?

Lapisan Termosfer

Lapisan termosfer atau biasa disebut lapisan ionosfer, karena pada lapisan ini terjadi proses ionisasi atom-atom udara oleh sinar X dan sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh sinar matahari.

Lapisan ini memiliki ketinggian 80 hingga 800 kilometer. Berbeda dengan lapisan mesosfer, pada lapisan termosfer semakin ke atas maka suhu yang dimilikinya semakin tinggi, yakni dapat mencapai lebih dari 500 derajat celcius.

Lapisan termosfer dapat memantulkan gelombang radio sehingga sangat bermanfaat bagi dunia komunikasi yang ada di bumi.

Lapisan Eksosfer

Eksosfer merupakan lapisan terluar dari atmosfer bumi. Ketinggian lapisan ini antara 800 hingga 1.000 kilometer. Pada lapisan eksosfer, jika udara yang dimiliki semakin tinggi maka gravitasinya semakin kecil.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com