Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Teks Drama Singkat tentang Perpisahan

Kompas.com - 07/06/2022, 09:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Drama merupakan karya sastra yang ditampilkan di atas panggung, dan bukan untuk dibaca sehari-hari, seperti novel atau cerpen.

Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat teks drama yang berisi dialog, penjelasan latar tempat, waktu, suasana, lighting atau pencahayaan, dan sebagainya.

Menurut Fahrurrozi dan Andri Wicaksono dalam buku Sekilas Tentang Bahasa Indonesia (2016), drama adalah kisah hidup manusia yang disajikan di atas panggung disertai dialog dan gerakan berdasarkan naskah.

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks adalah naskah yang di dalamnya memuat kata-kata asli milik pengarang.

Jadi, teks drama adalah naskah berisikan kisah hidup manusia yang disajikan di atas panggung, lengkap beserta dialog dan tata geraknya.

Baca juga: Contoh Teks Drama Beserta Strukturnya

Contoh teks drama singkat dengan tema perpisahan

Berikut dua contoh teks drama singkat tentang perpisahan:

Contoh 1:

Buatlah teks drama singkat dengan tema perpisahan! 

Berikut contoh teks drama singkat dengan tema perpisahan:

Pemeran: Adi, Imam, Bela, dan Vania.

ADI, IMAM, BELA, DAN VANIA SEDANG DUDUK DI TAMAN SEKOLAH. ADI SEDANG MEMEGANG BUKU, IMAM BERMAIN GADGET, BELA MEMAKAI ROTI, DAN VANIA TERLIHAT SEDANG BERPIKIR.

Vania: "Teman-teman, kalian tahu tidak kalau sebentar lagi kita akan meninggalkan sekolah ini?" (MASIH TERUS TERLIHAT BERPIKIR)

ADI: (MENOLEH KE ARAH VANIA) "Ah iya, benar juga. Sebentar lagi kita akan meninggalkan sekolah ini. Kita tinggal menunggu upacara kelulusan saja besok Sabtu.

Bela: "Betul. Sedih banget, sebentar lagi kita akan berpisah," (BERHENTI MEMAKAN ROTI DAN TERLIHAT SEDIH).

Imam: "Kalau dipikir-pikir, kenangan kita di sekolah ini banyak banget ya. Jadi kangen makan di kantin bareng kalau habis olahraga." (MEMASUKKAN GADGETNYA KE KANTONG CELANA).

Vania: "Ah iya betul. Apalagi waktu kita dimarahi Pak Himawan karena ketahuan terlambat datang upacara. Serius deh, kenangan itu tidak akan aku lupakan."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com