Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ancaman Nonmiliter dan Bentuk-bentuknya

Kompas.com - 06/06/2022, 16:00 WIB
Serafica Gischa

Penulis

KOMPAS.com - Dalam Undang Undang Nomor 3 Tahun 2002, ancaman adalah setiap usaha dan kegiatan baik dari dalam negeri maupun luar negeri, yang dinilai membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. 

Dalam buku Prosiding Kongres Pancasila VI (2014), Pemerintah Indonesia melalui Buku Putih Pertahanan tahun 2008 mengklasifikasi ancaman menjadi dia aspek, yaitu ancaman militer dan nonmiliter. 

Departemen Pertahanan RI mendefinisikan ancaman nonmiliter merupakan golongan ancaman pertahanan yang sifatnya tidak secara langsung mengancam kedaulatan, keutuhan, dan keselamatan bangsa. 

Namun, risiko dari ancaman nonmiliter dapat berimplikasi mengganggu stabilitas nasional. Hal ini tidak hanya menghambat pembangunan nasional, tetapi dapat berkembang menjadi permasalahan kompleks yang mengancam kredibilitas pemerintah dari eksistensi bangsa. 

Baca juga: Strategi Menghadapi Ancaman di Bidang Ideologi

Bentuk-bentuk ancaman nonmiliter 

Ancaman nonmiliter dapat berasal dari luar negeri atau dapat bersumber dari dalam negeri.  Ancaman non militer merupakan ancaman pertahanan yang sifatnya tidak secara langsung mengancam, dimensi ideologi, politik, sosial budaya, keselamatan umum, teknologi, dan legislasi. 

Berikut penjelasannya, berdasarkan buku Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan (2019) oleh Winarno, berikut penjelasannya: 

Ancaman berdimensi ideologi 

Ancaman nonmiliter berdimensi ideologi adalah gerakan kelompok radikal dengan motif dalih agama, etnik, atau kepentingan rakyat. 

Masih banyak paham-paham radikal yang menggunakan atribut keagamaan dan berusaha mendirikan negara dengan ideologi lain. Adanya kelompok tersebut merupakan ancaman terhadap eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kewibawaan negara. 

Baca juga: Ancaman Integrasi Nasional Bidang Ekonomi

Ancaman berdimensi politik 

Ancaman berdimensi politik bersumber dari luar negeri maupun dalam negeri. Dari luar negeri, dilakukan oleh suatu negara dengan melakukan tekanan politik terhadap indonesia. 

Intimidasi, provokasi, atau blokade politik menjadi bentuk ancaman nonmiliter berdimensi politik yang sering digunakan pihak lain untuk menekan negara lain. 

Sedangkan ancaman berdimensi politik bersumber dari dalam negeri dapat berupa penggunaan kekuatan mobilisasi massa untuk menumbangkan suatu pemerintahan yang berkuasa atau menggalan kekuatan politik untuk melemahkan kekuasaan pemerintah., 

Ancaman berdimensi ekonomi 

Ancaman berdimensi ekonomi dikelompokkan menjadi dua, yakni: 

  • Internal 

Berupa inflasi dan pengangguran yang tinggi, kemudian infrastruktur yang tidak memadai, penetapan sistem ekonomi yang belum jelas, ketimpangan distribusi pendapatan, dan ekonomi biaya tinggi. 

  • Eksternal 

Kelompok eksternal berupa indikator kinerja ekonomi yang buruk, daya saing rendah, ketidaksiapan menghadapi era globalisasi, dan tingkat dependensi yang cukup tinggi terhadap asing. 

Baca juga: Berbagai Bentuk Ancaman terhadap Integrasi Nasional

Ancaman berdimensi sosial budaya 

Ancaman berdimensi sosial budaya dibedakan atas: 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com