Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Faktor yang Memengaruhi Pembentukan Tanah

Kompas.com - 23/05/2022, 18:38 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis

KOMPAS.com – Tanah adalah material abiotik yang berperan penting dalam kehidupan di bumi. Ada berbagai jenis tanah yang terbentuk di bumi. Apa saja faktor yang memengaruhi pembentukan tanah?

Faktor yang memengaruhi pembentukan tanah adalah bahan induk, topografi, organisme, iklim, dan juga waktu.

Bahan induk

Faktor pertama yang memengaruhi permbentukan tanah adalah bahan induk. Dilansir dari Encyclopedia Britannica, bahan induk memengaruhi pembentukan tanah melalui komposisi mineralogy, tekstur, dan stratifikasi lapisannya.

Bahan induk tanah dapat berupa berbagai jenis batuan, mineral, abu vulkanik, dan juga bahan organik. Misalnya, batuan balsatik akan menghasilkan tanah yang lempung atau batuan ferromagnesian yang akan menghasilkan tanah berwarna hitam.

Baca juga: Komponen Penyusun Tanah beserta Proporsinya

Topografi

Faktor yang memengaruhi pembentukan tanah selanjutnya adalah topografi. Dilansir dari The University of Hawai'i, topografi atau letak daratan adalah kecuraman relatif dari suatu lereng, arah lereng terhadap matahari, depresi, dan juga elevasi lahan.

Topografi memengaruhi aliran air dan kemungkinan erosi juga pelapukan dalam pembentukan tanah. Topografi memengaruhi cepat atau lambatnya tanah terbentuk, juga jenisnya.

Organisme

Organisme yang hidup, baik tumbuhan, hewan, manusia, dan mikroorganisme, memengaruhi pembentukan tanah. Aktivitas organisme mendorong pelapukan tanah secara fisik dan juga kimia.

Namun, mikroorganisme yang paling berpengaruh dalam pembentukan tanah. Dilansir dari Natural Resources Conservation Service, mikroorganisme memecah bahan induk batuan, bahan organik, dan bahan pelapukan lainnya untuk membentuk tanah.

Baca juga: Struktur Tanah: Jenis dan Fungsinya

Iklim

Iklim seperti cuaca, suhu, kelembapan, dan curah hujan memengaruhi pembentukan tanah.

Dilansir dari University of Minnesota Extension, suhu secara langsung memengaruhi kecepatan reaksi kimia. Makin hangat suhu, makin cepat reaksi, maka makin cepat juga pelapukan fisik batuan yang terjadi.

Udara yang lembap membuat pelapukan batuan lebih cepat terjadi dan tanah lebih mudah mengikat nutrisi. Namun, curah hujan yang tinggi akan membuat tanah kekurangan nutrisi karena banyak terbawa oleh air.

Waktu

Waktu adalah faktor kelima yang memengaruhi pembentukan tanah. Tanah terbentuk dari pelapukan batuan, baik secara fisik dan kimia. Namun, pelapukan tersebut tidak terjadi dalam sekejap.

Pembentukan batuan memerlukan waktu dari yang singkat hingga sangat lama, bergantung pada bahan induk dan ketiga faktor pembentukannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com