Kompas.com - 23/05/2022, 15:21 WIB

KOMPAS.com – Dalam tubuh makhluk hidup, terdapat berbagai jenis sel dengan fungsi yang berbeda-beda. Salah satu sel yang memiliki fungsi penting adalah sel goblet. Apa yang dimaksud dengan sel goblet? Berikut adalah penjelasannya!

Pengertian sel goblet

Sel goblet adalah jenis sel epitel khusus yang mengeluarkan musin intraepitel. Musin adalah komponen utama lendir, berupa cairan kental berisi protein terglikosilasi dalam larutan elektrolit.

Fungsi utama musin adalah melumasi dan melindungi lapisan organ. Kemampuannya mengeluarkan musin, membuat sel goblet kerap disebut sebagai kelenjar uniseluler.

Struktur sel goblet

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, sel goblet adalah sel kolumnar tinggi yang bentuknya mirip dengan goblet (gelas piala) jika isinya dikosongkan.

Baca juga: Jaringan Epitelum, Ikat, Otot dan Saraf pada Vertebrata

Sel goblet memiliki organel sel yang lengkap seperti inti, mitokondria, badan golgi, dan retikulum endoplasma.

Struktur sel gobletbio.libretexts.org Struktur sel goblet

Musin sel goblet diproduksi oleh retikulum endoplasma kasar, inilah mengapa sel goblet memiliki banyak retikulum endoplasma kasar yang lebih luas darpada sel lainnya.

Untuk mempermudah produksi musin, sel goblet memiliki struktur yang terpolarisasi. Dilansir dari Hypertextbook for Biomedical Sciences, inti sel goblet berada di dasar sel bersama dengan mitokondria, retikulum endoplasma, dan badan golgi.

Adapun, sebagian besar ruang intraselular diisi oleh granula sekretorik dan juga cairan musin. Dilansir dari Biology Dictionary, graula sekretorik berfungsi untuk memproduksi dan mengirimkan sejumlah besar sekresi ke luar dan dalam ruang ekstraseluler.

Struktur sel goblet dilengkapi dengan mikrovili. Mikrovili adalah tonjolan kecil di bagian ujung sel goblet. Mikrovili membantu sel goblet untuk mengeluarkan cairan sekresi dan musin ke luar sel.

Baca juga: Macam-Macam Jaringan Pada Manusia, Hewan, dan Tumbuhan

Letak sel goblet

Di mana letak sel goblet? Karena merupakan sel epitel, sel goblet terletak di semua jaringan epitel. Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi bagian luar dan dalam tubuh.

Karena merupakan penghasil musin intraepitel, sel goblet ditemukan pada organ dalam tubuh. Dilansir dari BioExplorer, secara khusus sel goblet ditemukan melapisi epitel:

  • Organ saluran pernapasan seperti trakea, bronkiolus, dan bronkus
  • Organ saluran pecernaan seperti usus besar dan usus kecil
  • Konjungtiva selaput dan kelopak mata

Namun, jumlah sel goblet yang paling banyak terdapat dalam usus besar. Sel goblet memiliki fungsi yang berbeda bagi setiap organ.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.