Kompas.com - 23/05/2022, 15:36 WIB

KOMPAS.comSel goblet adalah kelenjar uniseluler berupa sel epitel khusus yang dapat mensekresikan musin. Sel goblet terdapat pada berbagai organ. Berikut adalah fungsi sel goblet pada berbagai organ tubuh!

Melumasi usus

Musin yang disekresikan sel goblet merupakan cairan lendir yang kental. Musin melumasi saluran pencernaan, membuat makanan dengan mudah lewat dan dicerna.

Musin yang kental juga melindungi saluran permukaan jika ada benda asing yang masuk. Sehingga, benda asing tersebut tidak bisa melukai lapisan saluran pencernaan.

Mentralkan asam lambung

Musin yang disekresikan sel goblet juga berfungsi untuk membantu menetralkan asam lambung. Makanan yang masuk ke usus daei lambung, dilapisi oleh asam lambung yang asam dan bersifat korosif.

Baca juga: Sel Goblet: Pengertian, Struktur, dan Letaknya

Kandungan bikarbonat dalam musin membantu menetralkan asam, sehingga, sifat korosif asam lambung tidak mengikis permukaan dalam usus.

Melindungi usus halus dari bakteri

Sel goblet menghasilkan lendir yang berfungsi melindungi usus halus dari bakteri.

Menurut G. M. H. Birchenough, dkk dalam New Developments in Goblet Cell Mucus Secretion and Function (2015), lendir yang diproduksi secara terus-menerus oleh sel goblet memperlambat penetrasi bakteri dan mendorong bakteri ke luar menuju lumen.

Melindungi saluran pernapasan

Sel goblet terdapat dalam sistem pernapasan, terutama pafa trakea, bronkus, dan bronkiolus. Dilansir dari Physiopedia, sel goblet dalam sistem prnapasan sel goblet terletak dengan apeks yang menonjol ke dalam lumen.

Baca juga: Sistem Pernapasan Manusia

Hal tersebut membuat sel goblet dapat bereaksi dengan cepat ketika terdapat benda asing dan allergen yang terhirup dan memasuki saluran pernapasan.

Sel goblet kemudian akan mengeluarkan musin sehingga, permukaan saluran pernapasan tidak akan terluka ketika benda asing masuk ke dalamnya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.