Kompas.com - 23/05/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Filsafat merupakan satu pemikiran dan kajian kritis mengenai kepercayaan dan sikap. Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani, philos yang artinya cinta dan sophia yang berarti kebijaksanaan. 

Pengertian filsafat 

Pengertian filsafat cukup banyak, berbeda-beda dari setiap filsuf. Berikut beberapa pengertian filsafat yang dilansir dari buku Filsafat Pendidikan (2015) oleh M. Anwar, sebagai berikut: 

  • Plato 

Filsafat adalah ilmu pengetahuan yang berupaya mencapai kebenaran asli. 

  • Aristoteles 

Filsafat ialah ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran, yang di dalamnya terdapat ilmu-ilmu metafisika, ogika, retorika, etika, politika, dan estetika. 

  • AlFarabi 

Filsafat merupakan ilmu pengetahuan tentang alam maujud bagaimana hakikat yang sebenarnya. 

Baca juga: Filsafat: Pengertian, Ciri Berpikir, dan Alirannya

  • Immanuel Kant 

Filsafat yaitu segala pengetahuan yang menjadi pokok dan pangkal segala pengetahuan yang mencakup empat persoalan berikut: 

  1. Apakah yang dapat kita ketahuan? (Jawabannya: metafisika)
  2. Apa yang seharusnya kita kerjakan? (Jawabannya: etika)
  3. Sampai di manakah harapan kita? (Jawabannya: agama)
  4. Apakah yang dinamakan manusia? (Jawabannya: antropologi)

Dari pengertian-pengertian filsafat di atas, dapat disimpulkan bahwa ilmu filsafat adalah ilmu yang menyelidiki segala sesuatu dengan mendalam mengenai Ketuhanan, alam semesta, dan manusia.

Sehingga dapat menghasilkan pengetahuan tentang bagaimana sikap manusia setelah mencapai pengetahuan itu. 

Fungsi filsafat 

Dikutip dari buku Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, dan Aksiologis (2021) oleh A. Susanto, berikut beberapa fungsi filsafat secara luas dan mendalam, yaitu: 

  • Untuk membantu mendalami pertanyaan-pertanyaan tentang ilmu atau asasi manusia tentang makna realitas dan lingkup tanggung jawabnya, secara sistematis dan historis. 
  • Sebagai kritik ideologi, artinya kemampuan menganalisis secara terbuka dan kritis argumentasi-argumentasi agama, ideologi, dan pandangan dunia. Dengan kata lain, mampu mendeteksi berbagai masalah kehidupan. 
  • Sebagai dasar metodis dan wawasan lebih mendalam dan kritis dalam mempelajari studi-studi ilmu khusus. 
  • Merupakan dasar paling luas untuk berpartisipasi secara kritis dalam kehidupan intelektual pada umumnya dan khususnya di lingkungan akademis. 
  • Memberikan wawasan lebih luas dan kemampuan analitis dan kritis tajam untuk bergulat dengan masalah-masalah intelektual, spiritual, ideologis. 

Baca juga: Ciri-ciri Sejarah sebagai Ilmu

Secara singkat fungsi filsafat sebagai induk ilmu pengetahuan dan peneratas pengetahuan. Artinya, filsafat memberi arah kepada ilmu pengetahuan dalam merumuskan konsep dan teori untuk membangun konsep ilmiah. 

Dengan bantuan filsafat, berbagai ilmu baru berkembang bagi kelangsungan dan peradaban manusia di bumi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.