Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/03/2022, 13:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Pidato persuasif adalah pidato yang menggunakan gaya bahasa persuasif, karena isi pidatonya ditujukan untuk memengaruhi, mengajak, atau membujuk para pendengar.

Dikutip dari buku Terampil Berbahasa Indonesia (Untuk Perguruan Tinggi) (2019) karya Isma Tantawi, karena tujuannya memengaruhi, mengajak, atau membujuk, orator (pembicara) harus memiliki kemampuan untuk memengaruhi pendengar.

Salah satu caranya dengan memberi bukti serta alasan yang dapat diterima dengan akal sehat dalam penyampaian pidatonya.

Dilansir dari buku Yuk, Ungkap Idemu Melalui Teks Persuasi hingga Teks Tanggapan (2019) oleh Minarni Try Astuti, teks pidato persuasif memiliki tiga struktur utama yang terdiri atas:

  1. Pembukaan
    Berisikan salam dan hormat kepada pendengar, serta pengenalan topik.
  2. Isi
    Memuat ide pokok serta argumen yang dapat meyakinkan pendengar. Ide pokok dan argumen bisa didapat dari temuan fakta dan data.
  3. Penutup
    Isinya berupa kalimat penutup, hormat, dan salam.

Agar lebih mudah memahaminya, mari kita simak contoh teks pidato persuasif tentang ajakan ikut vaksinasi, di bawah ini:

Baca juga: 7 Ciri Kebahasaan Teks Pidato Persuasif

Contoh pidato persuasif tentang ajakan ikut vaksinasi

Pembuka:

Selamat pagi bapak dan ibu guru serta teman-teman sekalian. Mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas segala berkat-Nya kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat dan tidak kurang suatu apa pun.

Seperti yang kita ketahui, saat ini Indonesia dan beberapa negara di dunia sedang menghadapi wabah virus Covid-19. Kita tidak akan pernah tahu kapan virus Covid-19 akan menghilang dari dunia ini.

Sudah banyak korban jiwa berjatuhan, mulai dari tenaga kesehatan hingga teman-teman, saudara atau bahkan keluarga kita sendiri.

Isi:

Salah satu cara efektif untuk mencegah dan mengurangi dampak virus Covid-19 adalah vaksinasi. Tidak hanya Indonesia, beberapa negara di dunia juga sedang gencar dalam melaksanakan program vaksinasi bagi masyarakatnya.

Dilansir dari situs Kementerian Kesehatan Indonesia, vaksin Covid-19 telah diuji dan dinyatakan cukup efektif dalam menurunkan risiko terinfeksi, serta mengurangi perawatan dan tingkat kematian.

Adapun uji efektivitas ini dilakukan terhadap 71.455 tenaga kesehatan di DKI Jakarta, meliputi perawat, bidan, dokter, serta tenaga umum lainnya.

Baca juga: Pengertian Teks Pidato Persuasif

Penutup:

Berdasarkan penjelasan tadi, saya ingin mengajak bapak dan ibu guru serta teman-teman sekalian untuk mau mendukung langkah Pemerintah Indonesia, dalam mengurangi persebaran dan dampak virus Covid-19 di tanah air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com