Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fungsi Komunikasi Intrapersonal

Kompas.com - 26/02/2022, 11:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.comKomunikasi intrapersonal adalah komunikasi dengan diri sendiri. Sering terjadi ketika individu dihadapkan pada sejumlah pilihan dan harus mengambil keputusan di saat yang sama.

Menurut Deddy Mulyana dalam buku Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (2010), komunikasi intrapersonal menjadi landasan bagi komunikasi interpersonal dan bentuk komunikasi lainnya.

Dikatakan demikian karena komunikasi intrapersonal akan dilakukan terlebih dahulu sebelum individu berkomunikasi dengan orang lain.

Sebagai contoh, individu akan melakukan persepsi dan memahami makna pesan yang disampaikan lawan bicaranya, sebelum menanggapi pesan tersebut.

Komunikasi intrapersonal memiliki sejumlah fungsi yang bermanfaat bagi manusia, khususnya ketika berkomunikasi dengan orang lain. Apa sajakah fungsinya?

Baca juga: Komunikasi Intrapersonal: Pengertian dan Tujuannya

Mengembangkan kreativitas dan imajinasi

Dikutip dari buku Supervisi Pendidikan (2021) karya Sulistyorini, dkk, fungsi komunikasi intrapersonal adalah mengasosiasikan serta mengembangkan kreativitas dan imajinasi.

Komunikasi yang terjalin dalam diri individu membantu seseorang lebih kreatif serta mengembangkan daya imajinasinya.

Melakukan kontrol diri

Komunikasi intrapersonal berfungsi untuk melakukan kontrol diri, khususnya dalam proses pengambilan keputusan.

Membantu individu untuk peka

Proses komunikasi yang terjadi dalam diri manusia membantu individu untuk peka terhadap lingkungan sekitarnya. Dengan peka, individu menjadi lebih mudah dalam menangkap situasi di sekitarnya serta memikirkan bagaimana seharusnya dia bertindak dan berkomunikasi.

Menumbuhkan kesadaran diri

Dilansir dari jurnal Komunikasi Intrapersonal dalam Komunikasi Islam (2019) oleh Rahmiana, fungsi komunikasi intrapersonal adalah menumbuhkan kesadaran diri.

Baca juga: Proses Komunikasi Intrapersonal

Maksudnya, individu menyadari tiap aspek kepribadiannya. Lewat introspeksi diri, seseorang akan menyadari kualitas dirinya. Hal ini membantu proses pembentukan diri, termasuk ketika berkomunikasi dengan orang lain.

Percaya diri dan munculnya motivasi diri

Dengan melakukan komunikasi intrapersonal, kepercayaan diri seseorang bisa tumbuh dan berkembang. Begitu pula motivasi diri yang membantu manusia berusaha untuk mencapai tujuan dan sasarannya, termasuk ketika berkomunikasi.

Fungsi komunikasi intrapersonal ini sangat membantu manusia untuk lebih percaya diri dalam meraih tujuan dan sasarannya lewat komunikasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com