Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Larutan Penyangga: Pengertian dan Jenisnya

Kompas.com - 20/01/2022, 16:19 WIB
Silmi Nurul Utami

Penulis


KOMPAS.com – Dalam titrasi asam-basa kuat dan asam-basa lemah, terbentuk larutan penyangga yang membuat perubahan pH tidak terlalu kentara. Namun, apakah sebenarnya larutan penyangga itu? Berikut adalah pengertian dan manfaat dari larutan penyangga!

Pengertian larutan penyangga

Buffer atau larutan penyangga, seperti namanya adalah larutan yang dapat menyangga pH. Dilansir dari Chemtalk, larutan penyangga dapat menahan perubahan pH ketika ditambahkan sejumlah kecil asam atau basa ke dalam larutan tersebut.

Ketika diberikan asam atau basa ke dalamnya, larutan penyangga akan menahan agar tidak terjadi perubahan pH dalam jumlah besar secara mendadak. Pada dasarnya larutan penyangga terbentuk dari asam lemah dan basa konjugasinya, atau basa lemah dan asam konjugasinya.

Baca juga: Pengertian pH dan Cara Menghitungnya

Dilansir dari Chemistry LibreTexts, buffer mampu menahan perubahan pH karena kedua komponen (asam konjugasi dan basa konjugasi) keduanya ada dalam jumlah yang cukup pada keseimbangan. Sehingga, mampu menetralkan sejumlah kecil asam atau basa lain yang masuk) dalam bentuk H3O+ dan OH-).

Jenis-jenis larutan penyangga

Secara umum larutan penyangga terdiri dari dua jenis, yaitu larutan penyangga asam dan larutan penyangga basa.

Larutan penyangga asam

Larutan penyangga asam adalah buffer yang memiliki pH kurang dari tujuh atau memiliki suasana asam. Larutan penyangga asam terbentuk dari asam lemah dan garam yang terbentuk dari basa konjugasinya.

Larutan penyangga asam akan mempertahankan pH-nya tetap di bawah tujuh jika ditambahkan asam maupun basa. Rumus pH larutan penyangga asam adalah:

Baca juga: Titrasi Asam Basa: Pengertian dan Prosedurnya

pH = pKa – log (a/g)

Dengan,
Ka: tetapan kesetimbangan asam
a: jumlah mol asam
g: jumlah mol basa konjugasi

Larutan penyangga basa

Larutan penyangga basa disebut juga sebagai larutan penyangga alkali memiliki pH di atas tujuh atau memiliki suasana yang asam. Larutan penyangga basa dibuat dari basa lemah dan garam yang terbentuk dari basa konjugasinya.

Larutan penyangga basa akan mempertahankan pH-nya tetap di atas tujuh jika ditambahkan asam maupun basa lain. Rumus pH larutan penyangga basa adalah:

pOH = pKb – log (b/g)

Dengan,
Kb: tetapan kesetimbangan basa
a: jumlah mol basa
g: jumlah mol asam konjugasi

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com