Kompas.com - 20/01/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.comRuang lingkup jurnalistik dibagi menjadi dua, yaitu news dan views. News adalah penyajian informasi bersifat aktual dan penting. Sementara views adalah opini, pendapat, atau pandangan para pekerja jurnalistik mengenai sebuah peristiwa atau masalah.

Menurut Hikmat Kusumaningrat dan Purnama Kusumaningrat dalam buku Jurnalistik Teori dan Praktik (2017), jurnalistik atau jurnalisme berasal dari kata journal, berarti catatan harian atau catatan tentang kejadian sehari-hari, atau juga bisa berarti surat kabar.

Jurnalistik adalah kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan atau pelaporan. Bisa diartikan bahwa jurnalistik merupakan aktivitas pengumpulan, penyusunan, pelaporan, dan penyebarluasan berita ke masyarakat luas.

Ruang lingkup jurnalistik

Ada dua bentuk ruang lingkup jurnalistik, yakni news dan views. Pada dasarnya, ruang lingkup ini tidak jauh berbeda dengan ruang lingkup pers.

Berikut penjelasan lengkapnya:

News

Mengutip buku Jurnalistik “Kemahiran Berbahasa Produktif” (2020) karya Lisa Septia Dewi Br. Ginting, news adalah penyajian kumpulan informasi atau laporan mengenai suatu peristiwa terbaru (aktual) dan pelaporan fakta yang aktual, menarik perhatian, dan dinilai penting atau luar biasa.

Baca juga: Jurnalistik Online: Pengertian dan 4 Jenisnya

Secara garis besar, news dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

  • Straight news

Dalam buku Teknik Menghadapi Media (2021) karya Handi Andrian, disebutkan bahwa straight news terdiri atas matter of fact news (berita fakta), interpretative report (laporan pandangan mata), serta reportage (laporan kejadian).

  • Feature news

Terdiri atas human interest features (humaniora), historical features (sejarah), biographical and personality features (biografi seseorang), dan travel features (cerita perjalanan).

Views

Ruang lingkup jurnalistik ini berupa pandangan atau pendapat para pekerja jurnalistik mengenai permasalahan, kejadian, atau peristiwa.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.