Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sila Keberapakah yang Sesuai dengan Perilaku Menabung?

Kompas.com - 12/11/2021, 10:00 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com Menabung adalah kegiatan menyisihkan sebagian uang dan menyimpannya sebagai tabungan. Tabungan tersebut kemudian dapat digunakan di kemudian hari. Sesuai dengan Sila keberapakah perilaku menabung

Menabung sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam sila ke-5 Pancasila yaitu “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia”.

Menurut Ismaun dalam buku Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa (1975) menyebutkan sila ke-5 Pancasila bukan hanya prinsip pedoman tetapi juga merupakan tujuan.

Sila ke-5 bertujuan untuk membawa keadilan bagi rakyat, terutama dalam bidang ekonomi. Sila ke-5 memiliki banyak nilai-nilai yang terkandung di dalamnya, salah satunya adalah tidak boros.

Menurut Radhitya A. C. Negara dalam naskah publikasi Analisis Perilaku Siswa SMP dalam menerapkan Nilai-Nilai Pancasila Sila Kelima di Lingkungan Sekolah (2015), salah satu pengamalan nilai sila ke-5 adalah tidak menggunakan hak milik untuk hal-hal yang bersifat pemborosan dan hidup mewah.

Baca juga: Sila Keberapakah yang Sesuai dengan Perilaku Bermusyawarah?

Perilaku menabung cerminan sikap tidak boros

Perilaku menabung adalah suatu tindakan yang lahir dari sikap tidak boros yang merupakan nilai sila ke-5.

Menabung membuat seseorang lebih memilih menyimpan uangnya untuk keperluan di masa mendatang daripada bersikap konsumtif dan memboroskan uangnya untuk membeli barang yang tidak perlu.

Menabung juga dapat menghindarkan seseorang untuk menggunakan hak miliknya yang dapat merugikan kepentingan orang lain.

Misalnya seorang anak yang boros akan menghabiskan uang dan merugikan orang tuanya. Padahal, uang yang diboroskan dapat digunakan untuk keperluan lain di rumah ataupun sekolah.

Atau contoh lainnya adalah seseorang yang boros dan tidak suka menabung cenderung suka meminjam uang ketika ada hal mendesak. Perilaku meminjam uang tersebut jika terus dilakukan akan menjadi suatu kebiasaan.

Baca juga: Dampak Tidak Menerapkan Sila Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika yang awalnya hanya meminjam uang untuk keperluan mendadak. Lama-kelamaan akan meminjam uang untuk membeli barang yang tidak perlu dan berperilaku konsumtif. Jika terus dibiarkan, orang tersebut bisa terlilit hutang dan jelas-jelas akan meruginkan dirinya sendiri, keluarga, dan juga orang lain yang berkaitan.

Sehingga menabung merupakan perilaku adil kepada diri sendiri dan juga orang lain. Selain menabung dan tidak bersikap boros, kita juga bisa menggunakan uang yang dimiliki untuk membantu orang lain dalam mewujudkan nilai-nilai sila ke-5.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com