Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lambang Sila Ke-4: Kepala Banteng

Kompas.com - 28/04/2021, 14:27 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.comPancasila merupakan dasar negara dan ideologi negara Indonesia, yang mana nilai-nilainya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kelima sila dalam Pancasila ini dilambangkan dengan perisai yang ada pada Burung Garuda Pancasila. Perisai tersebut berisikan lima simbol yang mencermikan lima sila Pancasila.

Salah satunya adalah kepala banteng yang digunakan sebagai lambang sila keempat Pancasila.

“Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”, merupakan bunyi sila keempat Pancasila.

Mengutip dari buku Suplemen Buku Ajar Pendidikan Pancasila (2016) karya Yulia Djahir, banteng adalah hewan sosial yang suka berkumpul bersama kawanannya. Banteng juga sering dilambangkan sebagai hewan yang tangguh berani dan sangat hebat.

Baca juga: 5 Makna Lambang Pancasila

Penggunaan kepala banteng sebagai lambang sila keempat ini memiliki makna masyarakat Indonesia harus senantiasa melakukan musyawarah untuk mencapai kata mufakat. Musyawarah tidak hanya dilakukan dalam pengambilan keputusan, melainkan juga dalam pemecahan masalah.

Contohnya pemilihan ketua RT lewat musyawarah, penentuan tempat wisata sekolah berdasarkan hasil musyawarah, dan masih banyak lagi. Adanya musyawarah bisa mengurangi hal yang tidak diinginkan, misalnya perkelahian, pertengkaran atau lainnya.

Menurut Yurica Oentoro dalam jurnal Representasi Figur Burung Garuda yang Digunakan sebagai Lambang Negara (2012), kepala banteng juga melambangkan kekuatan dan kehebatan banteng sebagai salah satu hewan yang kuat dan tangkas.

Lambang kepala banteng juga bisa dimaknai sebagai kekuatan dan sikap gagah berani yang dimiliki rakyat Indonesia. Dua hal ini muncul karena adanya kebenaran, khususnya dalam  ranah kedaulatan rakyat.

Baca juga: Contoh Penerapan Sila Keempat Pancasila

Jika dilihat dari segi warnanya, kepala banteng digambarkan dengan warna hitam dan putih. Adapun warna hitam ini melambangkan kekuatan, kerendahan hati serta kesungguhan dalam suatu hal. Sedangkan warna putih menggambarkan kebijaksanaan, kejujuran serta kedamaian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com