5 Makna Lambang Pancasila

Kompas.com - 11/09/2020, 14:19 WIB
Garuda Pancasila Dok Kompas.comGaruda Pancasila

KOMPAS.com - Pancasila merupakan dasar negara Indonesia dan dijadikan sebagai dasar ideologi bangsa.

Perancang lambang negara Indonesia adalah Sultan Hamid II yang menggambar seekor Burung Garuda berwarna emas dengan berkalungkan perisai yang di dalamnya bergambar simbol-simbol Pancasila.

Selain itu, Burung Garuda tersebut mencengkeram seutas pita putih yang bertuliskan "Bhineka Tunggal Ika".

Baca juga: Pancasila Sebagai Dasar Negara Menurut Soekarno

Dalam buku PKN dan Pancasila (2020) karya Ni Putu Candra Prasetya, lambang negara Indonesia kemudian disebut sebagai Garuda Pancasila.

Dalam perisai tersebut terdapat simbol-simbol yang melambangkan sila-sila dalam Pancasila, yaitu:

  • Bintang Tunggal
  • Rantai Emas
  • Pohon Beringin
  • Kepala Banteng
  • Padi dan Kapas

Lalu, apa makna lambang Pancasila tersebut? Berikut lima makna lambang Pancasila:

Bintang Tunggal, Sila Pertama PancasilaBuku PKN dan Pancasila (2020) karya Ni Putu Candra Prasetya Bintang Tunggal, Sila Pertama Pancasila
Bintang Tunggal

Di tengah perisai dalam Garuda Pancasila terdapat simbol bintang yang memiliki lima sudut. Di mana bintang tunggal tersebut melambangkan sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Bintang tunggal dianggap sebagai cahaya, seperti cahaya kerohanian yang dipancarkan Tuhan kepada setiap manusia. Di bagian bintang terdapat latar berwarna hitam, melambangkan warna alam asli yang dimiliki Tuhan.

 

Baca juga: Biografi Soepomo, Perumus Pancasila dan UUD 1945

Rantai Emas, Simbol Sila ke-2 PancasilaBuku PKN dan Pancasila (2020) karya Ni Putu Candra Prasetya Rantai Emas, Simbol Sila ke-2 Pancasila
Rantai Emas

Di bagian kanan bawah, tergambar simbol rantai emas yang melambangkan sila kedua Pancasila, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.

Rantai tersebut memiliki mata rantai yang berbentuk segi empat dan lingkatan yang saling berkaitan. Mata rantai segi empat melambangkan laki-laki, sedangkan lingkaran melambangkan perempuan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X