Kompas.com - 28/04/2021, 12:51 WIB
Ilustrasi kapal selam shutterstock.comIlustrasi kapal selam

KOMPAS.com - Indonesia dirundung duka setelah tenggelamnya kapal selam KRI-Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan Bali pada 21 April 2021.

Telah banyak kasus kapal selam yang hilang dan tenggelam sejak pertama kali ditemukan. Tidak hanya karena faktor human error dan kapal, namun faktor alam juga menjadi salah satu penyebab hilangnya banyak kapal selam.

Bagaimana sih sebenarnya cara kapal selam, apa fungsinya, serta jenis-jenis? Berikut penjelasannya:

Fungsi kapal selam

Lautan sangatlah luas, menutupi lebih dari 70 persen total permukaan Bumi. Sedangkan manusia memiliki keterbatasan dalam menjelajahnya.

Manusia bisa berenang namun tidak jauh, bisa menyelam namun tidak terlalu dalam, bisa menahan nafas tapi tidak bisa terlalu lama.

Baca juga: Kenapa Awak Kapal Tidak Keluar dari Tenggelamnya Kapal Selam?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Koox Diving, seorang penyelam profesional dapat menyelam hingga kedalaman 12,19 meter tanpa baju selam dengan perlambatan detak jantung hingga 25 persen dan tidak bisa menahan nafas lebih dari tiga menit.

Keterbatasan tersebut membuat manusia membutuhkan alat untuk menjelajahi lautan, yaitu kapal selam.

Kapal selam melindungi manusia dari tekanan hidrostatis air laut, memungkinkan perjalanan jarak jauh, dan menyelam ke kedalaman yang sangat jauh.

Fungsi kapal selam sebagai alat ekplorasi (penjelajahan bawah laut) untuk ilmu pengetahuan, inspeksi (pemeriksaan fasilitas), penyelamatan, pengintaian, bahkan dalam perang digunakan sebagai senjata mematikan untuk menyerang kapal laut musuh.

Cara kerja kapal selam 

Dilansir dari MarineBio Conservation Society, kapal selam adalah kapal yang benar-benar tertutup berbentuk silinder dengan ujung menyempit dan dua buah lambung (lambung luar dan lambung dalam).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X