Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Waktu di Indonesia dan Thailand Berbeda?

Kompas.com - 04/03/2021, 16:38 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri ,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

Sumber Kemlu

KOMPAS.com - Setiap negara memiliki zona waktunya masing-masing. Awalnya pembagian waktu didasarkan pada GMT atau Greenwich Mean Time. Namun, kini sudah berganti menjadi UTC atau Universal Time Coordinated.

Alasannya karena jam atom yang digunakan pada UTC dianggap lebih stabil, jika dibandingkan dengan jam matahari pada GMT. Dalam penerapannya, UTC sebenarnya merupakan perpaduan dari jam atom dengan jam matahari.

Baca juga: Pemanfaatan Waktu Luang untuk Kesehatan

Apakah waktu di Indonesia berbeda dengan Thailand?

Kira-kira ada 24 zona waktu di dunia. Hal ini menjadikan tiap negara memiliki jam dan selisih waktunya masing-masing. Misalnya sekarang di Indonesia pagi hari, tetapi di Amerika Serikat saat ini baru malam atau tengah malam di hari sebelumnya.

Namun, tahukah kamu kalau ada negara yang tidak memiliki perbedaan waktu?

Indonesia dan Thailand contohnya. Kedua negara di Asia Tenggara ini sama sekali tidak memiliki perbedaan waktu, yang didasarkan pada Waktu Indonesia bagian Barat atau WIB dengan ICT atau Indo China Time.

Artinya jika saat ini di Indonesia pukul 10.00 WIB, berarti di Thailand saat ini pukul 10.00 ICT. Mengapa bisa demikian?

Baca juga: Tabel Perbedaan Waktu di Indonesia dengan Negara Lainnya

Indonesia dan Thailand memiliki letak astronomis yang berdekatan atau posisinya sejajar. Sehingga hal ini mempengaruhi pembagian waktu atau zona waktu di Indonesia dan Thailand.

Posisi lintang berpengaruh pada pembagian waktu dunia. Dalam hal ini posisi lintang antara Thailand dan Indonesia sejajar.

Dilansir dari situs Kementerian Luar Negeri Indonesia atau (Kemlu RI), secara astronomis Indonesia terletak di 6º Lintang Utara (LU) hingga 11º Lintang Selatan (LS) dan 95º Bujur Timur (BT) hingga 141º Bujur Timur (BT). Sedangkan Thailand terletak di 50º LU hingga 210º LS dan 97ºBT hingga 106º BT.

Letak astronomis yang sejajar ini membuat Indonesia dan Thailand tidak memiliki perbedaan waktu, yakni UTC +7. Namun, perlu diingat jika tidak adanya perbedaan waktu ini mengacu pada waktu WIB dan ICT.

Hal ini berarti untuk WITA dan WIT tetap memiliki perbedaan waktu dengan Thailand. Selisih waktunya sama dengan selisih waktu antara WIB dengan WITA dan WIT.

Selain Thailand, Indonesia juga memiliki zona waktu yang sama dengan Vietnam, Kamboja, Laos serta Pulau Christmas, yakni UTC +7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com