Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Kuda Harus Pakai Sepatu?

Kompas.com - 21/02/2021, 15:04 WIB
Silmi Nurul Utami,
Nibras Nada Nailufar

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kuda adalah salah satu hewan yang sangat dekat dan telah membantu manusia dalam waktu yang sangat panjang.

Dilansir dari The British Museum Blog, kuda telah membantu manusia sejak 3.500 tahun sebelum masehi baik dalam pengangkutan barang ataupun transportasi.

Kuda sangat berjasa sebelum transportasi modern seperti kereta dan mobil ditemukan. Manusia bisa melakukan perjalanan jauh dan membawa barang berat tanpa harus berjalan kaki karena ada kuda yang siap mengantar ke mana saja.

Pentingnya kuda dalam kehidupan manusia membuat manusia merawat kuda dengan baik mulai dari pakan, kebersihan, hingga memakaikannya sepatu. Tahukah kamu mengapa kuda harus dipakaikan sepatu?

Sepatu kuda berfungsi untuk melindungi kuku kuda dari kerusakan saat bergesekan dengan jalanan yang keras. Kuda memiliki kuku yang terbentuk dari keratin seperti kuku manusia.

Bedanya keratin dalam kuku kuda jauh lebih banyak. Hal ini membuat kuku kuda jauh lebih keras dari kuku manusia.

Kompas.com/SILMI NURUL UTAMI Lingkaran merah menunjukkan kuku bagian dalam kuda yang lunak dan mudah cedera

Kuku kuda berfungsi melindungi kuku bagian dalam yang empuk dan kaki kuda dari gesekan serta tekanan saat kuda berjalan.

Terlebih lagi jika kuda membawa beban yang berat, tekanan pada kaki kuda kan jauh lebih besar. Tanpa adanya sepatu kuda, kuda dapat mengalami cedera parah pada kaki kuda.

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, sepatu kuda dapat meningkatkan beban mekanis yang diangkut oleh kuda dan meningkatkan kesehatan kaki kuda.

Sepatu kuda biasanya terbuat dari baja ataupun alumunium yang dipasang dengan cara memakunya langsung pada kaki kuda. Tenang saja, pemakuan ini tidak menyakiti kuda. Rasanya mungkin seperti saat manusia memotong kuku.

Lalu mengapa kuda di alam bebas tidak menggunakan sepatu? Kuda liar hidup di alam bebas dan berlari setiap hari dalam berbagai medan.

Dilansir dari The Horse, berkeliarannya kuda liar pada tanah, pasir, bebatuan, dan kerikil inilah yang merangsang pertumbuhan kuku liar menjadi sangat kuat.

Berbeda dengan kuda domestik yang hanya berkeliaran saat dibutuhkan manusia, namun saat tidak dibutuhkan hanya diam di dalam kandang. Hal ini membuat kuku kuda domestik tidak terangsang pertumbuhannya sehingga mudah rusak saat berjalan di jalanan manusia.

Kuda liar juga berlari dengan bobotnya sendiri, sehingga tekanan pada kukunya alami dan tidak menyebabkan kerusakan. Sedangkan kuda domestik harus mengangkut penunggang bahkan banyak barang berat.

Hal ini meyebabkan tekanan yang sangat besar pada kuku kuda, menyebabkan kuku kuda domestik lebih mudah rusak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com