Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkembangan Janin dari Trisemester Pertama Hingga Ketiga

Kompas.com - 31/12/2020, 00:13 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seperti dilansir dari Lumen Learning, bahwa seluruh tahap awal perkembangan embrio berlangsung hingga minggu keempat kehamilan.

Kehamilan berlangsung selama tiga trisemester, trisemester ke-1 dimulai dari usia kehamilan 1-3 bulan, trisemester ke-2 dimulai dari usia kehamilan 4-6 bulan, dan trisemester ke-3 dari usia kehamilan 7-9 bulan.

Trisemester Pertama

Tahap awal perkembangan janin terjadi pada minggu pertama dan minggu keempat usia kehamilan. Pada minggu ke-5 atau bulan ke-1 jantung embrio telah terbentuk dan dapat berdetak dengan ukuran janin 0,1-0,2 mm sama seperti ukuran biji wijen.

Pada minggu ke-6 hidung, mulut, telinga, usus, dan otak janin mulai terbentuk. Pada minggu ke-7 kaki dan tangan janin mulai terbentuk namun ekornya masih ada. Pada minggu ke-8 paru-paru janin mulai terbentuk sehingga sistem pernafasannya mulai terlihat.

Baca juga: Ilmuwan Menemukan Embrio Dinosaurus Sauropoda yang Langka

Pada minggu ke-9 daun telinga, jari-jari tangan dan kaki janin mulai terbentuk dan ekor janin telah menghilang. Pada minggu ke-9 atau awal bulan ketiga janin mengalami pertumbuhan berat badan hingga seukuran sebutir buah anggur.

Pada bulan ke-10 jari tangan dan kaki janin telah terbentuk secara sempurna dengan kuku yang mulai muncul. Dalam minggu ini janin memiliki organ yang hampir lengkap dengan ukuran yang bertambah sebesar buah kurma.

Pada minggu ke-11 dan 12, seluruh organ janin hampir terbentuk sempurna dan mampu melakukan gerakan, janin juga dapat merasakan sentuhan di perut ibunya. Pada periode ini janin berukuran 4 inci dengan berat 1 ons.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com