Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menentukan Pergeseran Kesetimbangan Reaksi dari Kc

Kompas.com - 28/12/2020, 01:24 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

Sumber kompas.com

KOMPAS.com - Kesetimbangan kimia dapat bergeser karena perubahan konsentrasi, suhu, takanan, dan juga penambahan katalisator. Kesetimbangan kimia dapat bergeser kearah kiri ataupun kanan tergantung kepada keempat faktor tersebut.

Untuk mengetahui cara menentukan pergeseran kesetimbangan suatu reaksi kimia, marilah kita simak pembahasan soal berikut ini!

Soal dan Pembahasan

Dalam ruang sebesar 5 liter, direaksikan 0,5 mol gas N2 dengan 0,4 mol gas O2. Jika saat kesetimbangan tercapai terbentuk 0,2 mol gas NO, berapakah harga tetapan kesetimbangan Kc nya?

Jawaban:

  • Pertama-tama tentukan jumlah mol reaksi pembatas untuk mengetahui jumlah mol yang bereaksi pada setiap zatnya.

Tuliskan persamaan reaksi pembentukan gas nitrogen oksida dari nitrogen dan oksigen secara setara berikut jumlah mol diawal reaksi, saat reaksi, dan sisa mol dalam kesetimbangan.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Stokiometri pembentukan Nitrogen oksida

Baca juga: Kesetimbangan Kimia: Menentukan Amonia dalam Jumlah Maksimal

Pada keadaan awal jumlah mol gas nitrogen oksida adalah nol karena reaksi belum berlangsung. Gas NO yang dihasilkan reaksi adalah 0,2 mol, lalu mengapa N2 dan O2 yang bereaksi adalah 0,1? Perhatikan koefisiennya.

N2 dan O2 memiliki koefisien 1 sedangkan NO2 memiliki koefisien 2, hal ini berarti jumlah mol NO2 adalah dua kali lipat dari jumlah mol N2 dan O2 yang beraksi. Sehingga mol N2 dan O2 adalah setengah mol NO2 yaitu 0,2 : 2 = 0,1 mol.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com