Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siklus Sel: Fase Istirahat dan Mitosis

Kompas.com - 16/11/2020, 13:34 WIB
Silmi Nurul Utami,
Rigel Raimarda

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kamu pasti telah banyak mempelajari tentang kata siklus, dari mulai siklus air, siklus krebs, dan juga siklus metamorfosa beberapa hewan seperti katak dan kupu-kupu.

Kali ini kita akan membahas siklus sel pada makhluk hidup yang terjadi hampir setiap hari dalam tubuh kita.

Apakah itu siklus sel? Dilansir dari National Human Genome Research Institute, siklus sel adalah rangkaian kehidupan sel dari mulai ia tumbuh hingga membelah dan menghasilkan anak. Sevara garis besar siklus cell terbagi menjadi dua phase yaitu interfase dan metafase.

KOMPAS.com/SILMI NURUL UTAMI Siklus sel

Baca juga: Pembelahan Mitosis dan Tahapannya

Interfase

Interfase adalah tahapan dimana sel anakan baru hasil pembelahan atau mitosis mempersiapkan pembelahannya. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, interfase memutuskan apakah sel akan memasuki tahapan mitosis selanjutnya atau tidak.

  • Fase G-1

Fase G-1 adalah fase pertama pertumbuhan primer sel dimana sel tumbuh secara fisik.Dilansir dari khanacademy.org, sel mensintesis organel, RNA, dan protein.

Fase G-1 disebut sebagai fase istirahat karena tidak terjadi sintesis DNA, hanya persiapannya seperti pembentukan enzim dan protein.

Pada fase ini juga DNA diperiksa oleh protein untuk memastikan tidak ada kerusakan sebelum DNA direplikasi. Dilansir dari Encyclopaedia Britannica, jika ada kerusakan, DNA yang rusak akan dipaksa mengalami kematian sel atau apoptosis.

Baca juga: Pembelahan Sel: Mitosis dan Meiosis

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com