Kompas.com - Diperbarui 27/01/2022, 15:21 WIB

KOMPAS.com - Semua sel hidup berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya (omnis cellula e cellula). Pembentukan sel baru atau anakan dari sel dapat terjadi melalui proses pembelahan sel

Jenis-jenis pembelahan sel terbagi menjadi dua, salah satunya pembelahan mitosisi. Pembelahan mitosis adalah tipe pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anakan. Sel anakan ini memiliki karakter identik secara genetik dengan sel induk. 

Artinya kedua sel anakan yang terbentuk mempunyai susunan genetika yang sama, termasuk sama jumlah kromosom dengan induk.

Pembelahan mitosis terjadi pada sel-sel tubuh (sel somatik) makhluk hidup. Pada pembelahan ini dihasilkan sel anak yang mempunyai jumlah kromosom sama dengan kromosom sel induk.

Jumlah kromosom yang dimiliki oleh sel anakan adalah 2n atau disebut dengan diploid. Sel diploid adalah sel-sel yang kromosomnya berpasangan (2n).

Baca juga: Perbedaan Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Tahapan pembelahan mitosis

Pembelahan mitosis merupakan proses yang berkesinambungan. Terdiri dari empat fase pembelahan, yaitu profase, metafase, anafase, dan telofase.

Pada tahap akhir pembelahan mitosis (fase telofase), umumnya selalu diikuti pembelahan sitoplasma yang disebut sitokinesis.

Saat sitokinesis, terbentuk cincin pembelahan yang berfungsi membagi sitoplasma sehingga terbentuk dua sel anakan.

Berikut penjelasannya: 

  • Profase
  1. Membran inti mulai rusak menjadi bagian-bagian kecil (fragmen);
  2. Benang-benang kromatin memadat menjadi kromosom.

Baca juga: Pembelahan Sel: Mitosis dan Meiosis

  • Metafase

Kromosom berjejer pada bidang pembelahan.

  • Anafase
  1. Kromatid saudara dari setiap pasangan memisah menuju kutub yang berlawanan;
  2. Pada akhir anafase kedua kutub sel memiliki kromosom yang jumlahnya sama.
  • Telofase
  1. Membran inti mulai kembali bergabung;
  2. Kromosom mulai meregang.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Kemdikbud
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.