Membuat Batik Tulis

Kompas.com - 04/11/2020, 12:45 WIB
Ilustrasi pembuatan batik Yogyakarta. DOK. SHUTTERSTOCK/ASEP DWI KURNIAWANIlustrasi pembuatan batik Yogyakarta.

KOMPAS.com - Membuat batik memerlukan ketelatenan dan kesabaran tinggi untuk menghasilkan karya yang bagus. Salah satu teknik pembuatan batik adalah batik tulis.

Batik tulis dibuat dengan menulis menggunakan alat bernama canting pada kain yang sudah digambar pola menggunakan tangan.

Canting yang berisi malam (lilin panas) digunakan untuk menebalkan gambar pola batik.

Dikutip dari buku Batik Karya Agung Warisan Budaya Dunia (2010) karya Anindito Prasetyo, batik tulis adalah batik yang dikerjakan dengan menggunakan canting. 

Canting adalah alat yang dibentuk bisa menampung malam (lilin batik) dengan memiliki ujung berupa saluran atau pipa kecil untuk keluarnya malam dalam membentuk gambar awal pada permukaan kain.

Baca juga: Jenis Motif Batik

Dalam pembuatan batik, khususnya batik tulis dibutuhkan keahlian khusus, telaten dan sabar.

Hal tersebut bertujuan agar batik yang dihasilkan memiliki bentuk motif atau desain yang luwes dan jelas.

Dalam buku Seni Kerajinan Batik (1996) karya Edi Kurniadi, ada beberapa langkah dalam membuat batik yang terbagi menjadi beberapa tahap. 

Berikut langkah membuat batik:

Tahap Persiapan

Tahap pertama ketika akan membatik adalah persiapan, tahapan ini masih dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X