Jenis Motif Batik

Kompas.com - 03/11/2020, 12:00 WIB
Batik motif Semen Rante biasa digunakan oleh calon pengantin perempuan pada acara lamaran. Situs Infobatik.idBatik motif Semen Rante biasa digunakan oleh calon pengantin perempuan pada acara lamaran.

KOMPAS.com - Batik bukan hal asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena banyak barang-barang seperti baju, selimut, seprai, tas, atau ikat kepala menggunakan motif batik.

Motif batik juga banyak digunakan untuk benda-benda kerajinan yang berasal dari bahan kayu, perak, dan kertas.

Setiap daerah di Indonesia memiliki motif batik yang berbeda-beda dan menjadi ciri khas.

Dikutip dari buku Nukilan Seni Ornamen (2008) karya S.P Gustami, motif dalam konteks ini dapat diartikan sebagai elemen pokok dalam seni ornamen pada kain batik.

Motif merupakan bentuk dasar dalam penciptaan atau perwujudan suatu karya ornamen. Motif merupakan pangkal tolak atau esensi dari suatu pola.

Baca juga: Berbagai Teknik Batik

Jenis motif batik dijelaskan dalam buku Seni Kerajinan Batik (1980) karya Sewan K. Susanto dibagi menjadi beberapa, yaitu :

Golongan geometris

Batik dengan motif golongan geometris merupakan batik dengan motif yang ornamennya tersusun secara geometris.

Golongan geometris motifnya masih dibelah menjadi dua macam, yaitu pertama yang berbentuk seperti ilmu ukir biasa, dengan bentuk segi empat, segi empat panjang dan lingkaran.

Kedua tersusun membentuk garis miring, sehingga bentuknya seperti belah ketupat.

Motif batik yang tergolong mempunyai bentuk segi empat adalah:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X